Manfaat Sistem Integrasi Untuk Perusahaan

Sistem Integrasi

image source: Temara Global

Komputer dan internet menjadi pendukung bisnis yang sangat penting. Namun, sebenarnya tidak hanya kedua teknologi itu saja yang dibutuhkan oleh perusahaan, khususnya untuk perusahaan yang berskala cukup besar. Teknologi lain yang dimaksud yaitu, sebuah sistem integrasi IT yang saat ini mulai banyak digunakan di berbagai perusahaan. Untuk memenuhi kebutuhan ini, sudah ada beberapa perusahaan yang bergera dibidang penyedia system integrator Indonesia.

Anda bisa membeli sistem yang telah jadi, ataupun sistem custom. Jika Anda bingung mana yang lebih sesuai, berikut ini adalah perbedaannya:

  • Sistem jadi

Untuk perusahaan yang masih dalam tahap berkembang, umumnya akan membeli sistem yang sudah ada karena cenderung lebih murah. Namun, tentu saja itu artinya perusahaanlah yang harus menyesuaikan sistem kerjanya dengan sistem yang dibelinya.

  • Sistem custom

Sistem ini umumnya digunakan oleh perusahaan yang sudah maju dan berskala besar. Perusahaan akan membeli sebuah sistem baru dan meminta penyedia jasa untuk menyiapkan yang sesuai dengan perusahaan. Sistem seperti ini harganya cenderung mahal dan untuk proses pembuatannya juga cukup lama. Sebab sistem yang diimplementasikan harus benar-benar sudah bebas dari adanya eror.

Sistem manapun yang Anda pilih, harus benar-benar disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Kesalahan dalam pemilihan sistem akan membuat kegiatan perusahaan menjadi berantakan atau membuat sistem yang telah dibeli menjadi sia-sia. Sebab, sistem sangat membantu kesuksesan bisnis.

Mungkin beberapa dari Anda masih mempertanyakan sepenting apa sistem untuk perusahaan. Hal ini tentunya berkaitan dengan manfaat dari sistem integrasi itu sendiri, yaitu:

  • Meminimalisir kesalahan akibat human error
  • Menghindari duplikasi data
  • Memudahkan pengecekan data
  • Meningkatkan efektifitas komunikasi
  • Menciptakan konsistensi
  • Meminimalis cost
  • Mempercepat proses kerja
  • Mengurangi risiko kehilangan data
  • Mengurangi penggunaan dokumen fisik (kertas)

Jelas kan, sistem integrasi IT ini sangat membantu perusahaan? Meskipun begitu, perusahaan juga tidak boleh asal dalam memilih perusahaan penyedia layanan sistem ini. Sebab, setelah seluruh sistem terintegrasi, maka satu perangkat dengan perangkat yang lain akan saling terhubung. Sehingga sangat penting bagi perusahaan untuk memilih perusahaan sistem integrator terbaik yang telah berpengalaman dalam mengamankan sistem milik kliennya dari kemungkinan pencurian data. Selain itu, perusahaan juga wajib melengkapinya komputernya dengan antivirus yang update. Ini merupakan salah satu cara agar komputer tidak dihack sehingga jaringan tetap aman dan tidak dimasuki oleh penyusup atau hacker. Dengan begitu, data akan tetap aman. (Vita)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *