Manfaat Menggunakan Minyak Bumi dalam Kehidupan Sehari-Hari

solar
image source: The Sun

Anda pasti sering menggunakan hasil bumi ini dalam kehidupan sehari-hari. Entah itu, untuk mesin kendaraan, mesin industri, keperluan dapur, pembangkit listrik, dan sebagainya. Biasanya, penyulingan dari minyak bumi ini bisa dibeli langsung melalui jual solar industri maupun bensin. Penyulingan dari minyak bumi ini sendiri memiliki sejumlah manfaat dalam kehidupan, di antaranya adalah sebagai berikut; (source: manfaat.co.id)

  • Sebagai bahan bakar, baik transportasi maupun rumah tangga. Setelah diolah, penyulingan minyak bumi ini biasanya menghasilkan beberapa residu bahan bakar seperti solar, bensin, minyak tanah, dan benzol. Nah, untuk jenis solar, bensin, dan benzol umumnya kerap dimanfaatkan sebagai bahan bakar untuk sarana transportasi misalnya seperti pesawat terbang, mobil, motor, dan sebagainya. Sedangkan, minyak tanah digunakan sebagai bahan bakar untuk memasak masakan lezat. Namun, mengingat minyak tanah sudah jarang ditemukan, maka masyarakat pun kini sudah beralih menggunakan LPG.
  • Meningkatkan pergerakan sektor industri. Minyak bumi pun sering dijadikan sebagai bahan bakar dalam dunia perindustrian. Dengan adanya minyak bumi ini, maka akan semakin mempermudah pengerjaan produksi segala jenis barang yang akan dipasarkan kepada masyarakat. Hal ini bukan tanpa alasan, minyak bumi tersebut menghasilkan bahan bakar sehingga mampu menggerakkan mesin sekaligus listrik penggerak industri sehingga tidak mengherankan sangat banyak digunakan dalam bidang industri. Jika sudah begini, tentu sektor industri pun akan semakin meningkat dan berkembang maju. Indonesia sendiri terkenal dengan kekayaan minyak buminya. Bahkan empat provinsi ini hasilkan minyak bumi yang cukup besar di Indonesia, lho.

Digunakan untuk sumber poliuretan. Apakah Anda tahu dengan poliuretan ini? Nah, senyawa ini sering dimanfaatkan untuk berbagai bahan berbusa dalam rumah tangga, seperti sofa, kasur, bantal, dan sebagainya. Produk busa ini ternyata menggunakan minyak bumi sebagai bahan poliuretannya. Meskipun begitu, akan tetapi produk ini bisa dibilang aman digunakan sekaligus juga ramah lingkungan.

Selain itu, minyak bumi pun sangat bermanfaat untuk;

  • Pembuatan alat rumah tangga seperti kulkas, kunci jendela, kunci pintu, panel pintu, dan lainnya.
  • Bahan produksi beberapa bagian mobil seperti kabel instalasi listrik, blok bodi mobil, dan sebagainya.
  • Menggerakkan penggerak listrik tenaga surya yang menggunakan minyak bumi bernama resin.
  • Komponen dasar dalam pembuatan obat-obatan karena mengandung senyawa hidrokarbon.

Itulah beberapa manfaat yang dihasilkan minyak bumi dalam kehidupan. Semoga bermanfaat! –SH–

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *