Manfaat Buah Nanas Ini Mungkin Belum Kamu Ketahui

nanasBuah nanas merupakan buah yang identik dengan daerah tropis dan cocok dinikmati saat musim panas. Rasanya yang manis dan sedikit asam dapat diolah menjadi berbagai minuman yang segar. Selain nikmat untuk dikonsumsi, buah nanas memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Bagaimana tidak, manfaat vitamin C dan vitamin lainnya, seperti B3, B5, B6 bisa didapatkan dari buah berwarna kuning ini. Penasaran apa saja manfaat yang bisa dihasilkan dari buah nanas? Langsung saja simak beberapa daftarnya di bawah ini!

  • Menangkal radikal bebas. Karena buah nanas kaya akan kandungan vitamin C dan bromelain, maka buah ini bisa dimanfaatkan sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas yang dapat menyerang tubuh. Selain itu, kandungan vitamin C dari buah nanas juga dapat mencegah penumpukan plak pada arterial atherosclerosis yang bisa berisiko menimbulkan penyakit jantung.
  • Mengoptimalkan kerja usus. Selain kaya akan vitamin C, nanas juga mengandung serat yang bermanfaat bagi sistem pencernaan. Dengan mengonsumsi nanas, kerja usus dapat menjadi lebih optimal. Tak hanya itu, nanas juga bisa mengobati cacingan dan menghilangkan tumpukan racun yang ada pada ginjal dan hati.
  • Meredakan peradangan. Peradangan kulit seperti memar, kesleo, dan bengkak ternyata bisa diatasi dengan mengonsumsi buah nanas. Kandungan bromelainnya dapat bekerja sebagai zat anti inflamasi, anti pengentalan darah dan juga kanker.
  • Mengurangi tekanan darah. Buah nanas juga mengandung kalium yang bisa mengurangi tekanan darah tinggi. Bagi penderita tekanan darah tinggi, mengonsumsi buah nanas dianjurkan karena dapat memenuhi kebutuhan kalium dalam tubuh.
  • Meningkatkan kesuburan. Mungkin selama ini kamu pernah mendengar bahwa nanas tidak dianjurkan untuk ibu hamil karena dapat menyebabkan keguguran. Namun, dilansir dari dokterbabe, ternyata buah nanas justru dapat meningkatkan kesuburan kandungan asalkan jumlahnya tidak berlebihan. Antioksidan tinggi seperti betakaroten, vitamin, dan mineral yang terkandung pada nanas justru dapat meningkatkan kesuburan.
  • Menurunkan gula darah. Bagi penderita diabetes, nanas juga bisa dimanfaatkan untuk mengurangi tingkat gula darah. Jika dikonsumsi secara rutin dan dengan takaran yang pas, maka nanas bisa digunakan sebagai obat diabetes.

Ternyata banyak sekali bukan, manfaat dari mengonsumsi buah nanas? (Rima)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *