Manfaat Buah Manggis

StumbleUponDeliciousGoogle+TwitterPinterestShare

Bila gelar raja buah diberikan kepada buah durian, maka gelar ratu buah diberikan kepada buah manggis. Di Wikipedia terdapat sebuah lengenda yang menceritakan bahwa dulu Ratu Victoria pernah menawarkan hadiah sebesar 100 poundsterling bagi siapa saja yang dapat membawakannya buah manggis yang segar. Namun hingga sekarang belum ada dokumen-dokumen sejarah yang bisa mengverifikasi lengenda ini jadi tidak ada penjelasan lebih jauh.

Ratu dari segala buah ini tidak hanya lezat namun memberikan berbagai manfaat bagi tubuh kita. Salah satu manfaatnya yang terkenal adalah sebagai obat kanker dan tumor. Menurut website benefitsoftheworld(dot)com, penelitian telah menemukan bahwa buah manggis ini sangat efektif dalam

  • Mengurangi peradangan / pembengkaan
  • Melindungi jantung
  • Mencegah berbagai jenis kanker dan tumor

Menurut America Cancer Society, penelitian yang telah dilakukan menemukan bahwa kandungan dalam buah manggis sangat efektif memperlambat pertumbuhan kanker dan tumor. Dikarenakan studi ini, ilmuwan percaya bahwa dengan minum jus manggis secara rutin dapat menghambat leukemia (kanker darah) serta kanker paru-paru, hati, usus dan perut.

jus-buah-mangisSelain kanker, penelitian menunjukan bahwa manggis juga bermanfaat dalam mengurangi peradangan, menurunkan kolesterol jahat serta dapat mencegah diabetes. Menurut penelitian, orang – orang yang mengkonsumsi manggis secara teratur dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung, Alzheimer arthritis dan penyakit kronis lainnya.

Manggis selain dikenal sebagai obat kanker dan tumor juga dikenal sebagai antibiotik. Manggis sangat efektif menghadapi infeksi. Studi menemukan bahwa senyawa xanthones dalam manggis dapat menghambat beberapa virus dalam menginfeksi dan menyerang orang tubuh.

Buah menggis juga memiliki efek anti depresi. Secara teratur meminum jus manggis, tubuh akan mendapatkan manfaat sepertu depresi dan stress berkurang. Manggis biasanya juga digunakan dalam pengobatan pencernaan terutama masalah pencernaan yang disebabkan oleh bakteri Helicobacter Pylori.

Memang mengkonsumsi buah manggis secara teratur memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan seperti menjadi obat kanker dan tumor atau membantu tubuh melawan virus namun perlu diingat mengkonsumsi hal – hal yang berlebihan pasti tidak baik. Jadi konsumsi jus manggis atau buahnya dalam takaran yang wajar. Sehari maksimal sebuah saja. Semoga artikel kesehatan mengenai manfaat buah manggis ini berguna.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *