Manfaat Bermain Alat Musik Untuk Kamu Part 1

Dengan semakin banyaknya toko alat musik, tidak heran bila kamu bisa dengan mudah mendapatkan alat musik yang kamu butuhkan atau sukai. Nah, ada pertanyaan sederhana nih buat kamu yang suka bermain alat musik. Apakah kamu tahu manfaat dari bermain alat musik? Menghasilkan musik. Yap, itu jawaban yang pasti dan benar, tapi apakah kamu tahu manfaat lainnya bermain alat musik? Jika tidak tahu, jangan berkecil hati karena kamu ada di tempat yang tepat. Berikut ini beberapa manfaat dari bermain alat musik:

Meningkatkan Kapasitas Memori

meningkatkan memoryDilansir dari artikel yang diterbitkan The Telegraph Online Magazine bahwa penelitian baru menunjukan bahwa orang yang secara rutin memainkan alat musik mengalami perubahan pada bagian otak. Jangan berpikir negative yak arena perubahan ini bersifat baik untuk kamu. Berdasarkan peneliti, kamu yang main alat musik dapat mengaktifkan saraf otak untuk motorik, pendengaran dan ingatan. Dengan bermain secara rutin, tentu ke-3 hal ini akan semakin terlatih, aktif dan berkembang.

Menjadi Tekun dan Penyabar

tekunBukan sebuah rahasia jika kamu membutuhkan waktu latihan yang cukup panjang hingga kamu bisa menguasai sebuah alat musik. Dari proses belajar inilah, kamu belajar akan ketekunanan dan rasa sabar. Ehm, klo begitu untuk kamu yang mempunyai teman yang tidak sabar dan tidak tekun, coba deh saranin dia untuk belajar alat musik.

Semakin Bisa Bertanggung Jawab

bertanggung jawabAlat musik tidak bisa didapatkan dengan harga yang murah dan pastinya kamu tahu akan hal itu. Pertanyaan sederhana lainnya, kamu pastinya merawat dengan baik alat musik yang ada dirumahmu kan? Hal ini tentu tidak aneh karena kamu ingin memastikan alat musik tersebut bisa berfungsi dengan baik. Nah, merawat dan menjaga sebuah alat musik merupakan salah satu bentuk sikap bertanggung jawab. Secara tidak langsung, ketika kamu mulai memiliki alat musik kamu dilatih untuk lebih bertanggung jawab. Jika kamu tidak memiliki rasa tanggung jawab, tentu saja alat musikmu akan sangat cepat rusak, kan?

Meningkatan Daya Konsentrasi

fokusSaat bermain musik, kamu dipaksa untuk fokus (konsentrasi) agar tidak salah pitch, ritme, tempo, not lagi dan kualitas suara dari alat musikmu. Dengan konsentrasi yang terus dilatih terus menerus, tidak bisa dipungkiri bahwa daya konsentrasi akan meningkat. Dengan daya konsentrasi yang baik, kamu bisa lebih baik dalam hal-hal yang membutuhkan fokus dan kecermatan.

Selain 4 hal di atas, masih ada loh manfaat bermain alat musik lain yang perlu kamu ketahui. Untuk mengetahui informasi lebih banyak lagi mengenai manfaatnya, langsung saja ke artikel manfaat bermain alat music untuk kamu part 2. –hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *