Manfaat Air Panas dan Dingin untuk Wajah

StumbleUponDeliciousGoogle+TwitterPinterestShare

Air merupakan kebutuhan utama bagi setiap manusia. Pasalnya tanpa air, kita bisa mengalami dehidrasi – tubuh kekurangan cairan yang dapat berujung pada kematian. Tidak hanya itu ternyata air juga memiliki manfaat khusus untuk wajah. Air yang biasa digunakan untuk membasu wajah terbagi menjadi 2 yaitu air dingin dan panas. Air dingin dari kulkas dan air panas dari pemanas air. Jadi bisa dibilang air selain memiliki fungsi untuk menyegarkan, menganti cairan dan membuang racun dalam tubuh, air juga ternyata sangat bagus untuk membantu perawatan kulit.

Manfaat Air Panas dari Pemanas Air dan Air Dingin Dari Kulkas

Air Panas dari Pemanas air

air pemanas air dan kulkas - cuci mukaAir panas sangat berguna untuk membantu peredaran darah bila digunakan untuk minum dan berendam. Ketika dibasuhkan ke wajah, air hangat dapat membantu merevitalisasi, melembabkan dan memberikan oksigen kepada kulit terutama pada kulit wajah. Selain itu, uap dari air panas dikenal dapat membantu membuka pori – pori wajah agar kita semakin mudah membersihkan kotoran pada wajah. Menggunakan air panas pada wajah hanya disarankan sekali seminggu.

Air Dingin dari Kulkas

Air dingin yang sudah dikulkaskan kurang lebih 2-3 jam dapat membantu menyegarkan wajah dan meredahkan kemerah-merahan pada jerawat. Selain itu air dingin ini juga dapat membantu mengempiskan mata yang bengkak, mengaktifkan silkulasi darah pada kulit, meminimalis pengeluaran minyak yang berlebihan dan mengecilkan pori-pori. Menggunakan air dingin untuk mencuci dan membasu muka bisa dilakukan pas pagi hari secara rutin.

Membersihkan Jerawat Dengan Air Panas dan Dingin

Punya jerawat banyak di wajah? Ada baiknya mencoba cara sederhana ini yang bisa dilakukan 1 kali seminggu pada malam hari:

  • jerawatPanaskan air baik menggunakan cara manual yaitu memanaskan air menggunakan kompor atau menggunakan peralatan pemanas air. Tentu saja menggunakan water heater lebih cepat daripada memanaskan air dengan kompor.
  • Tuangkan air tersebut dalam baskom.
  • Dekatkan wajah ke baskom agar uapnya mengenai wajah lalu tutup bagian kepala dengan handuk agar uapnya gak kemana-mana dan langsung kena wajah.
  • Biarkan kurang lebih 3-5 menit agar pori-pori terbuka dengan sempurna sehingga kotoran dan bakteri mudah dibersihkan.
  • Setelah penguapan, buang air panas dari baskom dan isi dengan air dingin dari kulkas. Lalu bawa ke westafel.
  • Karena uap, muka sudah basah jadi kita bisa langsung membersihkannya dengan sabun. Bilas dengan air dingin.
  • Pastikan wajah dingin untuk waktu yang lama. Biarkan air dingin bertahan di wajah kurang lebih 2 menit. Baru lap wajah secara perlahan dengan handuk lembut.
  • Setiap pagi, jangan lupa membilas wajah dengan air dingin secara rutin agar pori-pori yang terbuka cepat mengecil.

Bila dalam 1 bulan jerawat tidak berkurang dan malahan makin nambah, sangat disarankan untuk tidak melanjutkan cara ini Semoga artikel air panas dari pemanas air dan dingin dari kulkas untuk wajah ini membantu. Disarankan menggunakan pemanas air dengan tenaga surya agar lebih ramah lingkungan dan air panas cepat didapatkan. –hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *