Manfaaat Menentukan Tujuan Dana Asuransi Pensiun

Setiap orang pasti membutuhkan uang untuk kelangsungan hidupnya. Bahkan saat seseorang sudah memasuki masa pensiun dan sudah tidak memiliki penghasilan orang tersebut tetap membutuhkan uang. Lalu bagaimana cara mendapatkannya sementara orang tersebut sudah tidak lagi bekerja? Saat seperti inilah manfaat dari asuransi pensiun mulai terasa.

Dengan menggunakan asuransi pensiun maka masa depan seseorang akan lebih terjamin sekalipun sudah tidak lagi bekerja. Karena asuransi ini akan memberikan perlindungan secara finansial kepada nasabahnya saat nasabahnya tersebut telah memasuki masa pensiun sesuai dengan yang tercantum pada polis. Nilai pertanggungan yang dapat diterima oleh nasabahpun berbeda-beda, bergantung pada kesepakatan antara nasabah selaku pemegang polis dan perusahaan asuransi. Jika bisa disimpulkan jika asuransi pensiun merupakan sumber pendapatan di masa pensiun

masa tuaBanyak yang beranggapan bahwa mengikuti asuransi pensiun pada saat masih berumur 20an terlalu cepat, padahal semakin cepat nasabah menggunakan asuransi ini maka dana yang dapat diterima pada masa pensiun akan semakin besar, karena jangka waktu pembayaran semakin panjang. Karena itulah, ada baiknya jika menggunakan asuransi ini pada masa-masa produktif untuk mempersiapkan masa depan yang lebih baik.

Pada saat akan mendaftarkan diri menjadi nasabah asuransi ini, penting untuk mengetahui tujuan dari dana pertanggungan nanti. Apakah hanya untuk biaya hidup sehari-hari, untuk biaya liburan, sebagai modal untuk membangun usaha saat sudah tidak lagi bekerja atau dengan tujuan lainnya. Dengan menentukan tujuan penggunaan dana pensiun maka nasabah akan bisa memperkirakan kebutuhan dananya dimasa depan. Dan jangan lupa bahwa setiap tahunnya, nilai mata uang akan terus menurun yang artinya pada saat menghitung kebutuhan dana dimasa depan pastikan bahwa hitung juga perkiraan kenaikan harga berbagai barang dimasa depan.

Jika nasabah sudah mengetahui perkiraan kebutuhan dimasa mendatang, maka nasabah akan bisa memilih asuransi yang sesuai dengan kebutuhannya dimasa mendatang. Namun tetap harus diingat bahwa jumlah uang pertanggungan yang diterima nasabah berkaitan erat dengan biaya premi yang harus dibayar setiap bulannya dan jangka waktu pengambilan asuransi. Karena itulah saat merencanakan kebutuhan dan tujuan penggunaan uang pensiun tetap harus mengukur kemampuan membayar premi saat ini. Jangan mengambil premi yang jauh diluar batas kemampuan hanya karena menginginkan nilai pertanggungan dengan nominal yang besar, karena akan menyebabkan masalah pada keuangan nasabah saat ini. (Yv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *