Mandi dengan Air Hangat, Apakah Baik untuk Kesehatan?

mandi air hangatTentunya bagi penduduk yang tinggal di kota Jakarta mandi dengan menggunakan air dingin bukan merupakan masalah karena kota Jakarta memiliki suhu yang tinggi dan sangat terik di siang hari. Namun bagaimana bagi penduduk yang tinggal di kota yang memiliki suhu rendah seperti di puncak dan di daerah dekat pegunungan lainnya? Mungkin kebanyakan dari mereka memiliki pemanas air dirumahnya dan mandi dengan menggunakan air hangat merupakan pilihan mereka setiap hari. Lalu adakah manfaat yang diperoleh dari mandi dengan air hangat? Apakah baik mandi menggunakan air hangat setiap harinya? Berikut ini akan dipaparkan manfaat dan risiko mandi dengan air hangat

Membuka Pori-pori

Saat kita berendam dengan air hangat pori-pori kita akan terbuka sehingga akan memudahkan proses pembersihan kotoran yang ada di tubuh. Sebaliknya, sama dengan mudahnya kotoran keluar dari dalam tubuh, pembesaran pori-pori juga mempermudah masuknya kotoran dari luar, sehingga setelah kita mandi dengan air hangat, baiknya kita bilas kembali menggunakan air dingin untuk menetralkan ukuran pori-pori tubuh dan mencegah zat-zat kotor masuk kembali.

Meluruhkan Minyak Alami pada Kulit

Selain itu, air hangat akan membersihkan minyak alami dari kulit kita sehingga sangat efektif untuk membersihkan tubuh, akan tetapi sebenarnya masih membutuhkan minyak alami ini agar tidak kering dan keriput.

Dampaknya terhadap Kulit Sensitif

Lalu bagi beberapa orang yang memiliki kulit sensitif, terkadang mandi air hangat bisa menimbulkan bercak merah pada kulit karena respon tubuh terhadap suhu air yang berbeda dengan suhu kulit normal.

Mempengaruhi Aliran Darah

Air hangat yang digunakan saat mandi akan memperlancar peredaran tubuh kita, namun untuk beberapa orang yang memiliki tekanan darah rendah lebih baik jangan terlalu sering mandi dengan air hangat karena akan menyebabkan pembuluh darah yang ada di bagian kulit akan menjadi lebih lebar dan menurunkan tekanan darah. Hal ini juga berlaku bagi penderita darah tinggi karena mandi dengan air hangat dapat meningkatkan jantung untuk memompa darah.

Ternyata walaupun nyaman dan menenangkan, mandi dengan air hangat juga memiliki beberapa efek negatif bagi kesehatan. Agar mandi dengan air hangat tetap aman, gunakanlah air hangat yang tepat (sekitar 40 derajat celcius), jangan lebih dari 15 menit, dan bilas tubuh dengan air dingin setelah berendam, serta baiknya, mandi dengan air hangat jangan dilakukan setiap hari. Semoga bermanfaat! (Rima)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *