Makna Tradisi Baju Baru di Hari Raya Imlek

baju baruHari raya imlek merupakan hari dimana orang cina dari berbagai belahan dunia merayakan datangnya musim semi. Biasanya hari pertama imlek adalah hari pertama musim semi. Perayaan ini dikenal sejak zaman dinasti Xia yang kemudian menyebar keseluruh dunia terbawa oleh perantau asal negara Cina. Di Indonesia ini, perayaan ini pun dirayakan karena banyak perantau Cina yang menentap dan menjadi warga negara Indonesia.

Dalam menjalankan hari raya imlek, banyak sekali tradisi yang harus dilakukan. Namun seiring berjalannya waktu dan zaman semakin modern, tidak sedikit tradisi hari raya imlek yang mulai menghilang. Namun jangan bersedih hati karena masih ada kok tradisi-tradisi hari raya imlek yang dilestarikan dan dijalankan hingga sekarang.

Salah satu tradisi Imlek yang masih dijalankan hingga sekarang ini adalah Punya Baju Baru. Bagi semua yang merayakan imlek, tentu hal ini bukanlah hal yang asing. Setiap tahun kita selalu diingatkan untuk membeli baju baru oleh orang tua sehingga lama kelamaan ini menjadi kebiasaan. Dan untungnya sekarang sudah banyak promo imlek seperti promo imlek di Blanja yang membantu kita menghemat pengeluaran menjelang hari raya imlek. Uang yang dihemat bisa dialokasikan untuk biaya pulang atau membeli hal lainnya,

diskon imlekYa, memang tradisi punya baju baru sudah menjadi kebiasaan yang tidak bisa dipisahkan dengan hari raya imlek. Namun tidak sedikit anak-anak mudah yang tidak tahu alasan kenapa perlunya baju baru sehingga ada saatnya mereka hanya senang punya baju baru bukan karena makna di balik tradisi ini.

Ehm, emang ada maknanya? Ya ada, itu sebabnya orang tua terus mendesak anak-anaknya untuk memiliki setidaknya 1 helai baju baru. Seperti yang dijelaskan pada paragraph pertama, hari pertama imlek adalah hari pertama musim semi. Hari pertama musim semi identik dengan permulaan yang baru setelah hari-hari yang dingin. Baju baru ini menandakan lembaran baru dalam hidup. Dan tidak sedikit orang memilih mengenakan baju baru berwarna merah karena merah berarti keberuntungan sehingga bisa dibilang baju baru merah berarti lembaran baru dalam hidup yang disertai pengharapan agar di tahun baru ini, hidup beruntung.

Jadi Udah beli baju baru belum?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *