Makanan Sehat Ini Bagus untuk Penderita Hipertensi

Eungkot Keumamah (Ikan Kayu)
source: InfoKuliner

Hipertensi atau dikenal dengan tekanan darah tinggi merupakan salah satu kondisi yang muncul di dalam tubuh akibat tekanan darah berada pada angka 140/90 mmHg bahkan lebih. Anda harus sangat mewaspadai ancaman dibalik hipertensi karena dapat memicu munculnya berbagai penyakit seperti gagal jantung, stroke, dan gagal ginjal. Meski demikian, Anda masih tetap bisa kok mengurangi gejala penyakit ini dengan cara mengonsumsi beberapa makanan sehat. Sekalipun sudah memiliki asuransi kesehatan dan asuransi jiwa yang akan menanggung biaya pengobatan, bukan berarti penyakit ini bisa disembuhkan dengan segera.

Berikut merupakan beberapa makanan tersebut, here we go!

  • Buah bit. Suka makan buah bit? Nah, jika dilihat sekilas, buah bit ini memang terlihat mirip dengan buah naga, namun bedanya buah ini tidak memiliki biji layaknya buah naga. Melansir dari alodokter, buah berwarna ungu ini dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah karena kaya akan senyawa nitrat. Menurut sebuah penelitian, buah ini bisa menurunkan tekanan darah hanya dalam kurun waktu sehari semalam saja. Bagus banget, kan?
  • Ikan. Siapa coba yang tidak suka makan ikan? Hmm, apabila ditanya, banyak dari Anda semua mungkin akan langsung menjawab suka, mengingat makanan ini memiliki cita rasa yang sangat lezat. Dibalik kelezatannya itu, makanan satu ini ternyata bisa loh menurunkan tekanan darah di dalam tubuh. Hal ini bukan tanpa sebab, ikan mengandung Asam Omega 3 yang sangat tinggi, kandungan inilah yang membantu menurunkan tekanan darah. Jenis ikan tersebut adalah seperti ikan salmon, ikan tuna, ikan sarden, dan lain sebagainya.
  • Oatmeal. Selain cocok dijadikan sebagai menu sarapan pagi, Oatmeal pun ternyata dapat menurunkan tekanan darah yang meningkat di tubuh. Ini karena Oatmeal mengandung serat alami, lemak baik, serta rendah natrium. Untuk itulah, Anda sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan ini, tujuannya supaya tekanan darah dalam tubuh menurun.

Selain makanan yang sudah dituliskan di atas, tekanan darah pun bisa turun dengan mengonsumsi susu rendah lemak, buah pisang, yoghurt, minyak zaitun, dan masih banyak yang lainnya. Semoga bermanfaat, ya! –SH–

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *