Makanan Sehat Bagi Wanita Berumur 40an

Memasuki umur 40an, kesehatan dan kinerja organ tubuh semakin menurun. Hal ini berlaku untuk wanita maupun pria. Namun yang paling kena dampak penuan umur adalah wanita. Masuk ke usian 40an, berbagai penyakit seperti katarak, tulang sakit mengintai. Untuk mencegahnya, Anda, sebagai wanita harus mengkonsumsi makanan dengan nutrisi yang tepat untuk tubuh Anda.

Nutrisi Utama untuk Tubuh yang Sehat

Berikut ini beberapa nutrisi utama yang perlu dikonsumsi setiap harinya:

  • Makan SehatKonsumsi sayuran atau buah yang mengandung antioksidan dapat memperkecil resiko kanker dan penuaan dini. Jenis sayuran dan buah yang mengandung antioksidan adalah brokoli, keluarga buah berry (blueberry, raspberry dan strawberry), cherry, bayam, teh hijau, tomat, kedelai dan wortel.
  • Kacang seperti kacang tanah, hijau, merah, hazelnut dan kenari kaya dengan vitamin E, B dan arginine yang berfungsi meningkatkan sistem antibodi.
  • Zat besi yang dapat ditemukan pada hati, daging merah tanpa lemak,  bayam,  bit, kurma dan telur. Fungsi zat besi adalah mengikat oksigen, mengangkut electron, meningkatkan hemoglobin, pembetukan tulang rawan dan komunikasi sistem saraf. Selain itu, zat ini juga diperlukan dalam sistem antibodi.
  • Omega 3 merupakan nutrisi lain yang dibutuhkan. Omega-3 dapat ditemukan pada ikan salmon, tuna, sarden / lemuru dan tengiri. Fungsi dan kegunaan omega 3 sangat banyak. Dia dapat membantu meningkatkan daya ingat, mencegah penyakit jantung, mengurangi resiko pembekuan darah serta menurunkan kadar kolesterol. Dan dikatakan konsumsi ikan lebih sehat daripada konsumsi daging merah. Daging merah memang perlu, namun tidak baik mengkonsumsinya kebanyakan.
  • Serat membantu menurunkan kolesterol dan gula darah. Setidaknya konsumsi 4-5 porsi sayur segar perhari. Anda bisa mengkombinasikannya dengan makanan lain. Serat dapat ditemukan pada gandum, sayur hijau dan buah.

Selain mengkonsumsi makanan dengan nutrisi yang tepat, tidak ada salahnya melakukan olahraga. Olahraga yang dimaksud adalah olahraga ringan seperti jalan pagi, jogging, bersepeda, berenang atau yoga. Lakukan olahrag secara rutin (setidaknya 2 kali seminggu) untuk menjaga tubuh tetap fit. –hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *