Makanan Pencegah Radang Sendi

Manusia tidak henti-hentinya mencari solusi dari setiap penyakit yang ada, dan salah satu penyakit yang menjadi perhatian adalah radang sendi. Berbagai penelitian dilakukan untuk mencari obat radang sendi yang tepat, baik itu penelitian untuk bahan alami atau buatan manusia. Apakah sejauh ini, peniltian yang dilakukan berhasil? Bisa dikatakan YA terutama untuk bahan alami. Berbagai kandungan dalam bahan alami ditemukan dapat mencegah, mengurangi atau bahkan ikut berperan dalam menyembuhkan radang sendi.

Jenis Bahan Alami yang Baik Dikonsumsi Pasien Radang Sendi

Berikut ini beberapa makanan yang perlu dikonsumsi untuk mencegah, mengurangi dan menyembuhkan radang sendi:

  • kayu manisBuah pisang merupakan salah satu buah yang paling gampang ditemukan. Kandungan Vitamin B6 dan Kalium didalamnya membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan sendi.
  • Bawang putih menjadi bumbu dapur andalan dalam hampir semua masakan. Ternyata mengkonsumsi bawang putih dapat menghambat peradangan pada sendi, bahkan bawang putih dapat merangsang produksi kolagen. Kok bisa? Ini karena kandungan sulfur yang ada dalam diri bawang putih.
  • Kayu manis yang sering digunakan dalam masakan Asia ini dapat menghambat peradangan, membantu menghilangkan radikal bebas dan racun yang biasanya tertimbun pada persendian, dan mengurangi kekakuan sendi.
  • Wortel atau jus wortel tanpa tambahan pemanis ternyata dapat membantu memperkuat ligament. Ligament adalah jaringan yang menghubungkan satu tulang dengan tulang lainnya.
  • Teripang atau timun laut mengandung Kondroitin Sufat yang dapat memperkaut dan mencegah pengeroposan pada persendian.
  • Ikan laut Omega 3 (Makarel, Sarden, Tuna dan Salmon) atau buah Omega 3 (raspberry, Jambu Biji, Alpikat, Kismis, dan Blackberry) ternyata berfungsi mengurangi peradangan pada sendi.

Selain makan di atas, satu sendok makan Wijen juga bisa menjadi pilihan untuk makanan pencegah atau penyembuh radang sendi. Berdasalkan studi yang diterbitkan dalam Internastional Journal of Rheumatic Diseases, wijen terbukti bisa mengurangi rasa sakit.

Keunggulan: tidak ada efek samping seperti obat buatan manusia. Bahkan bahan alami ini memiliki berbagai manfaat lain untuk tubuh seperti bawang putih yang dapat melancarkan peredaran darah.

Namun dibalik sebuah keunggulan, ada kelemahan. Kelemahan: diperlukannya konsistensi dan waktu. Bahan alami ini tidak akan memberikan hasil yang instan. Hasilnya baru bisa kelihatan setelah konsumsi yang konsisten dalam kurung waktu yang cukup lama. Walaupun begitu, cara mengkonsumsi makanan alami dan sehat ini tetap bisa menjadi pilihan.

Sendi sehat dengan makanan alami yang sehat dan aman, kenapa tidak? Katakan selamat tinggal radang sendi –hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *