Light Emitting Diode (LED) TV

LED TV merupakan televise layar datar yang menggunakan teknologi diode. LED didesain sedemikian rupa agar bisa mengeluarkan cahaya lebih efisien sehingga tidak heran bila gambar LED sangat bagus dan cemerlang. Bisa dibilang LED merupakan pengembangan dari LCD TV.

Perbedaan dari LED dan LCD hanyalah terletak pada sumber cahaya latar (backlight). Sumber Cahaya latar LCD adalah lampu neon sedangkan sumber cahaya latar LED adalah Light Emitting Diode. Jadi bisa dibilang nama LED TV berasal dari Light Emitting Diode. Dikarenakan sumber cahaya latar sudah ditingkatkan, jadi tidak heran bila keseimbangan serta saturasi warna layar LED lebih baik.

Sejarah LED TV

led tvSebelum LED, LCD merupakan tv layar datar tercanggih.Panel LCD pertama kali diperkenalkan pada tahun 1964 oleh George H.Heilmeier. LCD perama ini dibandung berdasarkan DSM yang menggunakan sistem Dynamic Scattering Mode. Lalu pada tahun 1977, J.P Mitchell mendemostrasikan penemuannya yaitu LED layar datar pertama.  Setelah penemuan pertama ini, sudah banyak orang yang berusahan menyempurnahkan sistem LED ini.

Sekarang sudah banyak LED yang ditemukan dipasaran dengan merek – merek yang berbeda. Kebanyak LED TV yang ada di Indonesia adalah LED dari Sharp, Samsung, Sony, LG dan beberapa merek terkenal lainnya. Setiap merek menawarkan fitur LED yang berbeda walaupun sistem basic-nya masih sama yaitu menggunakan sumber cahaya latar LED.

Tips Memilih LED TV

Semakin banyak LED TV yang beredar, konsumer harus semakin pintar dalam memilih yang terbaik. Berikut ini beberapa tips yang dapat membantu:

Merek

Berbagai produsen perlengkapan rumah tangga elektronik menawarkan LED jadi Anda harus tahu merek apa yang menawarkan fitur LED terbaik. Jangan hanya membeli karna merek tapi Anda mengecek mengecek review dan testimonial para penggunanya untuk melihat tingkat kepuasan mereka. Bila ternyata merek yang Anda incar memiliki banyak keluhan, saatnya mengecek merek lain.

Harga

Harga merupakan salah satu hal yang perlu dipertimbangkan. Disarankan tidak membeli barang hanya berdasarkan murah dan mahal saja. Dengan jangan mudah terpengaruh iklan dan promo sesaat. Pastikan barang yang akan dibeli memang berkualitas dan sesuai dengan harga yang Anda harus bayar.

Bila budget terbatas, carilah LED TV yang sesuai budget Anda namun memiliki kualitas yang baik. Ingat, TV akan dipakai untuk jangka waktu yang lama sehingga kualitas itu penting. Amannya carilah produk yang bergaransi agar TV dapat diperbaiki sewaktu – waktu jika ada masalah.

Ukuran

LED ditawarkan dengan berbagai ukuran baik itu dari yang kecil hingga besar. Disarankan untuk kamar, gunakan ukuran yang kecil saja. Pastikan ukuran LED yang Anda pilih memang cocok dengan tempat yang Anda sediahkan di rumah. Jangan sampai TVnya kebesaran dan tidak bisa disimpan ditempat yang sudah disediahkan.

Resolusi

Resolusi mempengaruhi kualitas gambar. Semakin tinggi resolusinya berarti semakin tajam gambar yang ditawarkan. Namun ingat, semakin tinggi resolusinya, semakin mahal harganya. Dan perlu diingat bahwa sekalipun resolusi layar tinggi, Anda tidak akan dapat menikmatinya jika menontonnya dengan jarak lebih dari 1,5 meter. Jadi pikirkan baik-baik berapa resolusi yang akan Anda pilih.

Fitur Tambahan

Sekarang sudah banyak LED yang menawarkan fitur tambahan dimana penggunanya dapat menggunakannya. sebagai layar main game, monitor komputer dan melakukan video chat. Tapi apakah Anda membutuhkannya? Jika Anda sudah punya layar untuk komputer, game dan lainnya; kenapa harus membeli LED TV yang multifungsi? Sampai jumpa di artikel informasi lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *