Liburan dan Belajar Sejarah di Aceh

Tidak bisa dipungkiri bahwa industri pariwisata di Indonesia semakin berkembang. Jika dulu masih susah mencari informasi wisata, transportasi dan akomodasi; sekarang semua menjadi mudah. Dengan adanya kemudahan ini pun sangat membantu para wisatawan yang ingin berkunjung ke Aceh.

Ngomong-ngomong soal Aceh, tahukah kamu bahwa Aceh bisa menjadi salah satu tujuan liburan dengan tujuan mempelajari sejarah? Tidak percaya? Berikut ini beberapa lokasi wisata di Aceh yang bisa dikunjungi bukan hanya untuk liburan saja namun juga membangun pengetahuan sejara:

Benteng Iskandar Muda dan Benteng Indra Patra

Benteng Indra Patra

source: ikramshare blogspot

Seperti yang sudah jelas banget dari namanya, benteng ini dibangun pada masa Sultan Iskandar Muda yaitu abad ke-16. Fungsi awal benteng yang dibangun di Desa Blandeh, Krueng Raya  ini adalah pusat militer untuk memperkuat pertahanan kerajaan Aceh. Ciri-ciri dari Benteng Iskandar Mudah adalah 2 sumur yang dinaungin oleh bagunan kubah yang terletak di dalam benteng dan benteng ini berhadapan langsung dengan Selat Malaka.

Selain benteng Iskandar Muda, ternyata di desa ini masih ada satu lagi benteng yang penuh sejarah yaitu Benteng Indra Patra.  Benteng ini merupakan salah satu peninggalan dari Kerajaan Hindu pertama Lamuri di Aceh. Setelah masuknya Islam ke Aceh, benteng ini digunakan oleh Sultan Iskandar Mudah sebagai benteng pertahanan dari serangan armada Portugis yang datang dari Selat Malaka. Benteng ini juga pernah digunakan oleh Laksamana Malahayati, laksaman perempuan yang sangat tersohor.

Rumah Cut Nyak Dien

Rumah Cut Nyak Dien

source: Ditjen Kebudayaan – Kemdikbud

Siapa yang tidak pernah mendengar nama Cut Nyak Dien? Seorang pahlawan wanita yang ikut berjuang membela Indonesia dari para penjajah dengan sangat gigih. Sebuah rumah di desa Lampisang ternyata merupakan rumah dimana Cut Nyak Dien dahulu berlindung dan menyusun strategi perang melawan penjajah.  Di dalam rumah yang sudah diubah menjadi museum ini, para wisatawan bisa melihat berbagai kenang-kenangan dari mendiang Cut Nyak Dien.

Museum Tsunami

museum tsunami aceh

source: The Daily Japan

Tanggal 26 Desember 2004 merupakan hari yang tidak bisa terlupakan untuk masyarakat Indonesia dimana Tsunami menerjang Aceh dan menyisahkan duka. Untuk mengenang kejadian Tsunami dan menghormati korban-korban yang meninggal dalam musibah ini, dibangunlah Musuem Tsunami pada tahun 2009. Setiap bagian dari Museum ini mengambarkan perasaan penduduk Aceh dalam menghadapi Tsunami.

Lagi berlibur ke Aceh, jangan lupa berkunjung di 3 lokasi bersejarah ini yo. Ingatlah bahwa Indonesia memiliki sejarah yang panjang bahkan hingga hari ini, sejarah demi sejarah sedang dibangun untuk Indonesia. –hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *