Kuliner Khas Kota Jogja

Selain Bali, Jogja adalah salah satu kota wisata incaran para turis baik dari dalam maupun luar. Sebagai salah satu kota favorit tentu fasilitas yang disediahkan lengkap dan nyaman. Selain itu koneksi internet jogja pun mudah ditemukan terutama di hotel dan tempat-tempat nongkrong seperti cafe.

Mengunjungi kota jogja tentu tidak akan lengkap tanpa menikmati kuliner khas jogja seperti

Gudeg

kuliner jogjaMakanan yang sangat identik dengan kota jogja adalah gudeg. Gudeg makanan khas yang terbuat dari perpaduan sayur gori (nangka) yang dicampur dengan areh santan, krecek, suwiran daging ayam dan telor. Di Jogya, Anda dapat menemukan banyak pedagang gudeg sejak pagi. Tidak ada salahnya sekali-kali sarapan dengan gudeg? mumpung sudah di Jogja.

Mangut Lele

Seperti namanya, makanan khas ke-2 ini menggunakan bahan ikan lele. Bosankan makan ikan lele goreng terus? Di Jogja, Anda bisa menemukan lele bakar kuah santan. Ikan lele terlebih dahulu dibakar di atas tungku hingga matang kemudah dimasak bersama kuah santan. Rasanya gimana ya? Tentu saja enak karena banyak yang rekomendasi terutama mangut lele  dari Warung Sego Gudeg Geneng Mbah Marto yang ada di belakang Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Sate Klathak

Sate ini adalah variasi sate khas daerah imogiri. Umumnya sate ini menggunakan daging kambing yang dipanggang dengan ruji besi sepeda. Bumbu yang diberikan pada saat pemangangan hanya garam tanpa bumbu lainnya.  Setelah selesai di panggang sate ini disajikan ke meja ditemanin oleh sepiring kuah gule. Walaupun tanpa bumbu yang banyak saat dipanggang ternyata sate ini tetap enak dan empuk jadi jangan dilewatkan.

Sup Kembang Waru

Sup khas ini merupakan sup sayur ceker yang ditambah dengan kembang waru. Kembang waru yang dimasukan bukan bunga pohon jati tetapi telur dadar dengan isi bakso ayam. Bagi yang mau nyoba, untuk saat ini lokasinya hanya ada di foodcourt pasar Beringharjo.

Makanan Khas Keraton

Bagi yang ingin menyicip masakan khas para bangsawan keraton, bisa mendatangi Resto Bale Roas. Resto ini menyediahkan berbagai makanan khas kesukaan para raja keraton Ngayogyokarto bahkan mereka menawarkan makanan favorit dari setiap raja. Patut dicoba bukan? Kapan lagi bisa menyicipi makanan para raja. -hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *