Kontes Kecantikan Dunia Tertua

Kontes kecantikan wanita di Indonesia bertambah lagi dengan munculnya kontes Putri Purbasari. Kontes ini dibuat oleh brand Purbasari yang terkenal dengan produk lulur mandi dan lipstik matte. Jadi selain kontes Putri Indonesia, Miss Indonesia, Miss Earth Indonesia dan Miss Pariwisata Indonesia, sebenarnya Indonesia memiliki banyak kontes kecantikan untuk wanita. Dan bagi yang tertarik, yuk! ikutan menjadi kontestan Putri Purbasari 2017. Ngomong-ngomong soal kontes kecantikan pasti langsung keingat dengan kontes terkenal  seperti Miss Universe.

miss universe

source: daily news uk

Kontes Miss Universe adalah salah satu kontesan kelas dunia yang sudah dilaksanakan sejak tahun 1952. Negara yang pertama kali membuat / perintis kontes ini adalah negara Amerika Serikat. Pada awalnya kontes ini merupakan rangkaian acara Pacific Knitting Mills yang diadakan untuk mempromosikan paaian renang brand Catalina. Jadi gak aneh klo ada sesi baju renang karena awalnya emang kontes ini dibuat untuk mempromosikan pakaian renang.  Namun tahukah kamu bahwa sebenarnya nama “Miss Universe” sudah pernah digunakan oleh International Pageant of Pulchritude pada tahun 1926 hingga tahun 1935. Hal ini terhenti karena Perang Dunia II.

miss world

source: daily news uk

Selain Miss Universe, kontes kecantikan tertua lainnya adalah Miss World. Kontes kecantikan wanita yang diadakan pada tahun 1951 ini diprakarsai oleh Eric Morley, seorang pembawa acara televisi Inggris. Kontes ini dibuat dengan tujuan yang sama dengan Miss Universe yatu menghormati pakaian renang yang baru diperkenalkan waktu itu. Pada awalnya acara ini dimaksudkan hanya diadakan sekali namun setelah mempelajari Miss Universe, Morley memutuskan untuk membuat acara Miss World menjadi kontes kecantikan tahunan.

Ke-2 kontes kecantikan yang awalnya digunakan untuk promosi baju renang sekarang menjadi kontes kecantikan dunia yang dikenal masyrakat di segala penjuru dunia. Tapi tahuhkan kamu bahwa masih ada kontes kecantikan tertua lain yang bertahan hingga sekarang walaupun tidak se-trend Miss Universe dan Miss World, nama kontes tersebut adalah Miss Eropa

miss eropa

source: Pageanthology 101

Miss Eropa merupakan kontes kecantikan yang dikhususkan untuk negara-negara yang berada di Eropa. Kontes ini pertama kali di adakan pada bulan Desember 1928. Kontes ini sempat terhenti dikarenakan perang dunia ke-2 dan diadakan kembali pada tahun 1948.

Ketiga kontes kecantikan inilah kontes kecantikan wanita tertua di dunia yang masih berlangsung hingga sekarang. Dan hingga hari ini, makin banyak kontes kecantikan yang bermunculan cuma memang belum seterkenal Miss Universe dan Miss World. –hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *