Konsep Rumah Hemat Energi

Dengan kenaikan biaya hidup setiap tahunnya, kita harus pandai dalam mengatur keuangan. Jangan sampai pengeluaran lebih besar daripada pemasukan. Jika digambarkan dengan pribahasa “lebih besar pasak daripada tiang”, pasak yang semakin besar akan merusak dan merubuhkan tiang dimana dia tertancap. Kesalahan dalam pengaturan dapat membuat kita hidup terlilit hutang.

Salah cara untuk mengurangi pengeluaran adalah memiliki rumah hemat energi. Dengan memiliki rumah hemat energi, kita bisa mengurangi 1 biaya hidup yaitu biaya listrik. Untuk memiliki rumah hemat energi, ada bisa membangun rumah baru atau merenovasi rumah yang sudah ada. Dalam membuat sebuah rumah hemat energi, ada berberapa hal yang perlu dilakukan.

Membangun atau Merenovasi agar Rumah Hemat Energi

Memastikan Pencahayan Rumah Cukup

Posisi Rumah

Hal pertama yang perlu dikerjakan adalah memperhatikan posisi rumah Posisi rumah menentukan intensitas cahaya matahari yang masuk. Alangkah baiknya jika rumah dibangun menghadap timur. Jika ternyata posisi rumah tidak menghadap timur, maka carilah rumah dengan posisi hook. Karena dengan posisi hook, kita bisa memperbanyak penggunaan jendela sebagai jalan masuk cahaya.

Perbanyak Ventilasi dan Jendela

rumah hemat energiSalah satu jalan masuk udara serta cahaya adalah ventilasi dan jendela. Dengan adanya pencahayaan yang cukup, kita tidak perlu menggunakan lampu selama matahari masih bersinar. Selain cahaya, pertukaran udara juga penting. Udara yang terjebak di dalam rumah bisa mengakibatkan tubuh mudah sakit.

Untuk meningkatkan keamanan, pasang Untuk jendela, tidak ada salah memasang jeruji / teralis. Terasi tidak hanya dipasangan dijendela, kita juga bisa memasangnya di ventilasi. Pilih teralis yang kuat. Sedangkan untuk menghalau cahaya matahari yang terlalu kuat dari jendela, kita bisa menggunakan window blinds dan gorden.

Tidak Banyak Sekat

Sekat berfungsi memberikan privasi. Masalahnya sekat memotong jalan masuknya cahaya. Disarankan untuk ruang makan dan ruang tamu tidak dipisahkan sekat sehingga cahaya dari jendela ruang tamu bisa sampai ke ruang makan, dan sebaliknya. Atau ganti sekat dengan rak yang bolong depan dan belakangnya sehingga cahaya tetap bisa lewat.

Mengurangi Panas yang Diserap Rumah

Cat Dinding Luar Anti Panas

Sekarang audah ada produk cat pelapis atau cat dinding luar yang khusus menahan panas. Salah satu merek cat anti panas yang ada di Indonesia adalah Heat Guard. Dengan melapisi dinding luar dengan cat anti panas akan mengurangi serapan panas yang masuk ke dalam rumah.

Bangun Atap yang Dingin

Maksud atap yang dingin adalah atap yang memiliki kemampuan untuk memantulkan panas. Jenis atap apa yang bagus? Atap yang terbuat dari tanah atau keramik. Lalu bagian bawah penutup atap, lapisi dengan aluminium foil.

Pilih Produk Elektronik yang Tepat

Untuk produk elektronik yang digunakan, pilihlah elektronik yang sudah menawarkan sistem eco. Dengan dunia lebih mengutamakan eco sebagai temanya saat ini, sudah banyak produsen elektronik yang mengeluarkan barang elektronik yang ramah lingkungan. Tinggal kita pilih yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Bahkan beberapa produk rumah tangga menawarkan pilihan sumber energi lain seperti energi sinar matahari. Contoh produk rumah tangga yang menggunakan energi sinar matahari adalah water heater solar (pemanas air tenaga matahari). Dan enaknya lagi menggunakan water heater bertangki agar air panas dapat disimpan untuk waktu lama. –hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *