Kiat Bagi Pemegang Kartu Kredit Pemula

Kartu kredit merupakan sebuah kartu untuk mempermudahkan kita dalam proses transaksi. Ketika kita sudah memiliki pekerjaan serta penghasilan tetap, kita sudah bisa mengajukan aplikasi kartu kredit. Setiap bank memiliki peraturan yang berbeda-beda. Cuma ada satu hal yang pasti untuk memudahkan pengajuan kartu istimewa ini yaitu miliki rekening tabungan di bank dimana kita mau mengajukan penggunaan kartu istimewa ini.

Banyak orang yang ingin memiliki kartu istimewa ini. Alasan memiliki kartu kredit ini adalah untuk dapat membeli apa pun kebutuhan kita walaupun pada saat itu belum memiliki uang. Setiap tanggal jatuh tempo, Bank akan mengirimkan taggihan  yang kemudian kita harus membayar sesuai jumlahnya. Jadi boleh dibilang dengan kartu istimewa ini kita dapat belanja dulu dan dibayar pas sudah gajian. Banyak orang sangat berharap untuk mendapatkan kartu kredit sehingga pas aplikasinya disetujui, senangnya bukan main namun kita perlu berhati-hati kartu ini merupakan pedang bermata dua.

Untuk para pemegang kartu kredit pemula, lebih baik baca kiat – kiat di bawah ini terlebih dahulu:

  • kartu-kreditPahami terlebih dahulu apa itu kartu kredit. Pastikan, kita tidak menganggapnya sebagai kartu ajaib yang dapat mengabulkan semua keinginan kita. Ingat kartu ini datang dengan bunga dan jadwal jatuh tempo kapan kita harus membayarnya kembali uang yang telah kita gunakan untuk belanja.
  • Jangan sampai tertipu dengan rayu manis menggunakan kartu istimewa ini untuk menarik tunai karena bunga yang harus kita bayar akan lebih besar dan membuat kita mengeluarkan uang lebih banyak. Bila tidak dalam situasi terpaksa, opsi narik tunai menggunakan kartu ini lebih baik diabaikan. Gunakanlah kartu kredit Anda dengan bijak.
  • Setiap bulan ada satu hari tanggal jatuh tempo. Kita tidak boleh membayar melewati tanggal yang telah ditentukan. Ketika kita membayar melewati tanggal jatuh tempo, kita akan diberikan penalti berupa bunga. Berarti uang yang harus kita kembalikan lebih banyak karena ditambah bunga penalti.
  • Setiap kali kita membayar sesuai dengan jumlah yang telah kita gunakan, kita akan dikenakan biaya materai lunas. Biaya materai lunas ini akan disertakan pada bill berikutnya. Biasanya harga materai lunas adalah Rp 3.000.
  • Setiap bank menawarkan kartu kredit yang berbeda-beda dari tipe regular, gold hingga platinum. Namanya bisa berbeda-beda untuk setiap bank. Hati-hati dalam melihat promosi kartu kredit karena beberapa promosi hanya khusus untuk tipe kartu gold dan platinum. Semakin tinggi tipe kartunya semakin besar iuaran yang perlu dibayar pertahunnya.
  • Dalam menggunakan kartu istimewa ini, pastikan kita telah menyeting seberapa besar budget yang akan dihabiskan perbulan. Jangan sampai kita menghabiskan semua platform kartu kredit kita. Seandainya kita menggunakan hingga lewat batas, biasanya aka nada biaya tambahan lagi.
  • Saat bill sampai ke tangan, kita bisa melihat bahwa Bank menawarkan pembayaran minimum dimana kita hanya perlu membayar jumlah minimum untuk terus menggunakan kartu tetapi dengan membayar minimum berarti hutang kita pada Bank akan semakin menumpuk. Jangan lihat pembayaran minimum tersebut. Langsung bayar full. Ini untuk menghindari biaya tambahan dari Bank.

Semoga kiat dalam mempergunakan credit card ini memang berguna. –hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *