Keunikan Negara Swiss

Keunikan negara Swiss tidak hanya ada satu tetapi banyak makannya disebuat negara yang unik abis. Negara ini dikenal sebagai negara yang netral (tidak memihak siapa-siapa) sejak tahun 1815 di benua Eropa. Boleh dibilang, Swiss sangat beruntung karena tidak diserang pada Perang Dunia pertama dan kedua. Bahkan nama Swiss pun diambil dikarenakan Swiss tidak mau memilih satu dari 4 bahasa resmi Swiss. Empat bahasa resmi Swiss adalah bahasa Jerman, Italia, Perancis dan Romansch.

Nama Negara Swiss

Apa arti dari kata Swiss? Nama lengkap dari Swiss adalah Konfederasi Swiss. Dalam bahasa latin Konfederasi Swiss disebut dengan kata Confoederation Helvetica yang memiliki arti Konfederasi Helvetika. Konfederasi pada nama Swiss menunjukan bahwa Swiss merupakan perserikatan yang didirikan oleh penyatuan beberapa negara, dalam kasus Swiss agak berbeda karena Swiss terbentuk bukan dari negara-negara yang berserikat tetapi persekutuan beberapa komunitas penduduk yang beraneka ragam. Dengan pemilihan nama ini, Swiss menunjukan bahwa dia tidak memihak siapa pun sehingga tidak aneh bila negara ini bisa sampai punya 4 bahasa resmi.

Eksekutif Swiss

Hal unik lainnya adalah pemengang pemerintahnya dilakukan oleh 7 anggota dewan yang dipilih oleh Federal Assembly. Ke 7 orang dewan ini bisa disebut juga menteri. Cuma mereka juga bisa dibilang presiden karena secara bergantian presiden negara Swiss akan dipilih dari 7 anggota dewan dengan masa jabatan satu tahun.

Asuransi Kesehatan Swiss

asuransi kesehatanNegara yang unik ini pun memiliki sistem asuransi kesehatan yang cukup unik.  Asuransi kesehatan Swiss bersifat universal dan diatur langsung oleh Undang-undang Asuransi Kesehatan Federal pada tahun 1994. Berdasarkan peraturan pemerintah, semua orang yang tinggal di Swiss wajib memiliki asuransi kesehatan. Kriteria orang yang tinggal di Swiss dan wajib memiliki asuransi adalah

  • Orang yang sudah tinggal selama lebih dari 3 bulan di negara Swiss
  • Orang yang memang lahir di Swiss

Peraturan ini  tidak berlaku cuma bagi para PNS asing yang dialokasikan negaranya untuk bekerja di Swiss (orang-orang yang biasa kerja di embassy), anggota misi dari negara lain dan keluarga (dari anggota misi atau PNS asing). Namun mereka tetap boleh ikut dalam program asuransi kesehatan negara Swiss jika mereka tinggal lebih dan/ atau selama 6 bulan lamanya.

Asuransi kesehatan Swiss ini sudah meliputi pembayaran sebagian dari biaya rawat inap dan pengobatan. Sistem asuransi kesehatan merupakan kombinasi dari sistem asuransi kesehatan publik, total pribadi dan pribadi bersubsidi. Contoh pemberlakuan sistem asuransi kesehatan Swiss adalah

  • Sistem public biasanya diterapkan pada rumah sakit seperti University of Geneva Hospital (HUG)
  • Sistem pribadi bersubsidi diterapkan untuk servis perawatan rumah dikarenakan kesulitan dalam masa kehamilan, setelah melahirkan, kecelakaan , cacat, usia tua dan sakit  yang memaksa dilakukannya perawatan lansung di rumah.
  • Sistem total pribadi diterapkan untuk perawatan yang menggunakan dokter praktet swasta di klinik swasta (private clinic).

Artikel informasi ini dilansir dari beberapa sumber dan sumber utama adalah Wikipedia. –hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *