Keunggulan Google Drive

Ketika istilah “Cloud” muncul, beberapa orang dari kita yang mengerti bahasa inggris akan mengartikannya sebagai awan yang bertengger di langit. Namun berbeda dengan orang IT. Mereka mengerti bahwa istilah Cloud merupakan tempat penyimpanan data yang tidak menggunakan server. Di Indonesia sendiri, penggunaan cloud semakin banyak walaupun tidak semua orang mengerti apa itu cloud. Salah satu contoh penggunaan cloud Indonesia yang paling banyak digunakan  adalah Google Drive.

Google Drive merupakan layanan GRATIS yang disediakan Google untuk para pemengang Gmail, layanan email Google. Layanan ini diluncurkan pada tahun 2012 untuk mengganti layanan Google Docs. Kapasitas penyimpanan yang diberikan sebesar 15 G, bisa terhitung sangat besar.  Jika kita merasa kapasitas penyimpanan ini terlalu kecil, kita bisa membayar Google untuk menyediakan kapasitas yang lebih besar.

Selain kapasitas, Google Drive memiliki keunggulan lainnya seperti:

  • google driveGoogle Drive menawarkan tempat penyimpanan untuk hampir segala jenis file seperti Ms. Word (Google Doc), excel (Google Sheet), power point (Google Slide), dan gambar  (Google Drawing). Well, banyak juga ya jenis file yang bisa disimpan di Google Drive. Selain itu, kita juga bisa menghubungkan Apps yang compatible  dari Google Play ke Drive dengan mengklik menu “Connect Apps to Drive” sehingga Apps tersebut tidak akan memakan quota penyimpanan komputer atau gadget melaikan dia hanya akan menggunakan quota penyimpanan Google Drive.  Beberapa Apps tersebut akan memperbolehkan Anda melakukan editan gambar, file zip dan lainnya.
  • Membuat questioner (Google Form) sederhana untuk membantu kita dalam melakukan survei. Selain itu hasil questioner pun dimunculkan dan disimpan dalam Google Drive untuk memudahkan kita.
  • Asalkan ada koneksi internet, kita bisa membuka drive dimana saja dan kapan saja menggunakan komputer, laptop, tab dan handphone.
  • Berbagi file atau folder kepada siapa saja yang menurut kita memang pantas dibagi seperti rekan bisnis, klien dan lainnya. Tidak perlu flashdisk ataupun hardisk, cukup mengklik share dan menuliskan email mereka sehingga mereka diberikan izin akses kepada file atau folder yang telah kita buat.
  • Tempat backup online untuk data PC dan ponsel yang gratis dan aman. Memiliki banyak dokumen bisnis yang penting? Takut laptop atau komputer teserang virus? Saatnya menggunakan Google Drive sebagai tempat backup dokumen-dokumen penting kita agar tidak hilang atau terkena virus.

So, tunggu apalagi? Gunakan Google Drive untuk kemudahan dalam mengerjakan tugas kuliah atau melakukan bisnis. –hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *