Ketahui Ini Sebelum Berwisata Menggunakan Mobil

berlibur dengan mobilJika tempat wisata yang dituju masih dapat dijangkau dengan menggunakan mobil, maka banyak orang yang menolak untuk menggunakan kendaraan umum. Alasannya, ribet jika di sana nanti tidak ada kendaraan untuk kemana-mana. Toh mobil sudah menggunakan Asuransi Mobil All Risk, jadi jika terjadi sesuatupun nggak perlu pusing memikirkan biaya perbaikannya. Yap, alasan ini memang sangat wajar dan dimaklumi, karena memang akan merepotkan jika kamu ingin mengunjungi beberapa tempat namun tidak ada kendaraan pribadi.

Akan tetapi, sebenarnya ada beberapa hal yang harus diketahui oleh wisatawan ini sebelum melakukan perjalanan. Sebab, pada kondisi tertentu, mobil yang dibawa ini justru bisa menjadi sumber masalah yang akhirnya membuat kegiatan wisata terasa kurang menyenangkan. Dan, berikut ini adalah beberapa diantaranya:

Lama Perjalanan

Meskipun kamu tidak bisa mengetahui secara pasti berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke lokasi wisata dengan mobil, tapi setidaknya kamu bisa mencari informasi perkiraan lama perjalanannya. Hal ini sangat penting, sebab kamu bisa memperkirakan batas kemampuanmu dari informasi ini. Seandainya, kamu hanya mampu menyetir selama 8 jam non-stop dan ternyata perjalanan membutuhkan waktu 12 jam atau lebih (asumsi perjalanan lacar), artinya kamu harus mencari alternatif, antara mengajak supir cadangan atau menyiapkan dana untuk menginap di tengah perjalanan.

Kondisi Jalan

Jam terbang tidak selalu menentukan keahlian menyetir seseorang. Sebab itulah, penting untuk mencari informasi bagaimana kondisi jalan menuju lokasi wisata. Jika kondisi perjalanan landai dan cenderung aman, maka hal ini bukan masalah. Namun, jika kondisi jalanan berbukit dan berkelok, maka pastikan bahwa yang menyetir punya cukup kemampuan untuk menghadapi perjalanan seperti ini.

Kondisi Kendaraan

Selain keahlian supir, kamu juga harus memastikan kondisi kendaraan. Seahli apapun supir yang mengendarai kendaraan, dan sebagus apapun kondisi jalanan, namun jika kondisi mobil yang tidak baik tetap saja akan bisa menjadi masalah saat perjalanan. Apalagi, jika kondisi kendaraan yang tidak baik harus menghadapi jalan berbukit, bisa menjadi penyebab mobil menjadi overhaul.

Selain ketiga hal tersebut, ada hal lain yang perlu juga kamu perhatikan yaitu mengenai keamanan dari lokasi di area wisata tersebut. Jika memang area tersebut aman, maka bukan masalah bagimu jika sampai di sana ketika hari sudah gelap. Namun, jika kurang aman, maka sebaiknya hindari hal tersebut dan menginaplah dulu ketika hari sudah malam. Kamu bisa melanjutkan kembali perjalanan keesokan harinya.

Semoga perjalanan wisatamu aman, lancar dan menyenangkan. (Vita)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *