Keperluan Bayi yang Tidak perlu Dibeli

Perlengkapan bayi apa saja yang dibutuhkan? Orang tua ingin  yang terbaik untuk si buah hati, hal inilah yang digunakan oleh para produsen dan pasar. Banyak pasar dan produsen yang sudah melabel hampir semua produk bayi mereka dengan kata “Harus Punya” dengan menggunakan iklan untuk menunjukan bahwa produk mereka memang penting dan sangat dibutuhkan oleh si buah hati / bayi.

Perlengkapan Bayi Yang Tidak Begitu Diperlukan

Berikut adalah daftar Perlengkapan bayi yang tidak perlu dibeli karena kurang dibutuhkan oleh si buah hati yang dilansirkan langsung dari website Inhabitots:

  • perlengkapan bayiPopok sekali pakai memang disarankan digunakan terutama pada saat perjalanan travel namun pada saat dirumah, sangat disarankan mengunakan popok kain yang bisa dicuci. Selain untuk penghematan, popok kain juga lebih aman bagi kulit bayi yang super sensitif.
  • Coret “Changing Table” dari daftar perlengkapan bayi. Tidak perlu membeli meja khusus sebagai tempat mengganti popok bayi. “Changing Table” atau meja tempat ganti popol tidak terlalu penting. Karena kita mengganti popok dimana saja asalkan permukaannya rata dan dialasi dengan matras khusus untuk mengganti popok. Nilai plus menganti meja dengan matras adalah harganya yang lebih murah dan mudah dibawa.
  • Harga deterjen khusus bayi sangat mahal. Kecuali dokter menyarankan kita untuk menggunakan deterjen khusus bayi ini, kita bisa menggantinya dengan deterjen biasa. Asalkan deterjen biasa yang digunakan di rumah memang ramah lingkungan, tidak beracun, bebas aroma dan hypoallergenic.
  • Jika seandainya kita berencana tidur bareng dengan bayi kita, mending jangan beli box baby. Lebih baik hanya masukan kasur bayi dalam daftar belanja perlengkapan bayi untuk menggantikan box baby. Toh bayi kita akan lebih banyak tidur sekasur dengan kita. Box baby makan banyak tempat dan menghabiskan lebih banyak uang dari pada kasur bayi.  Sampai sekarang banyak orang tua yang tidak menggunakan box baby. Diskusikan dengan keluarga gimana pengaturan tidur bayi, apakah sekasur dengan kita atau kamar sendiri. Disarankan sekasur sih kalau bisa.
  • Bayi yang baru lahir tidak memerlukan banyak mainan. Mungkin beberapa orang tua terpicu untuk membeli mainan agar bisa membantu mempercepat pertumbuhan otak bayi namun ada cara yang lebih efektif daripada mainan. Untuk membagun ikatan hubungan serta meningkatkan kepintaran bayi, kita bisa mencoba
    • Membacakan secara keras-keras buku cerita, koran, majalah atau buku biasa
    • Bernyanyi untuknya
    • Bercerita padanya
    • Melibatkan dia dalam setiap kegiatan sehari-hari kita
    • Menunjuk benda di sekitar rumah dan memberitahukan namanya

Namun mainan juga baik. Beli saja mainan atau buku yang diperlukan tidak perlu berlebihan sampai menyiapkan satu ruang khusus penuh dengan mainan.

  • Bayi belum membutuhkan sepatu. Mereka hanya akan membutuhkannya ketika mereka sudah mulai bisa jalan. Daripada sepatu, mending kita siapakan kaos kaki halus yang tipis untuk menjaga suhu tubuh agar tidak dingin.

Nah selesai deh tips dan informasi daftar perlengkapan bayi yang bisa dicolek dari daftar belanja. Perlu diingat bahwa hanya beli perlengkapan bayi yang memang perlu dan penting. Pertimbangkan dengan baik untuk memasukan sebuah perlengkapan bayi di dalam daftar belanja. –hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *