Kenali Sistem Terbaru dari CAPTCHA Ini

google captcha

source: google

CAPTCHA atau Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart merupakan salah satu alat identifikasi yang digunakan oleh Google untuk memverifikasi apakah user yang mengoperasikan internet merupakan manusia atau robot. Buat kamu yang sering online dengan internet kabel di rumah, pastinya sudah paham betul dengan sistem CAPTCHA ini. Bagaimana tidak, hampir setiap situs yang dibuka selalu menekankan sistem CAPTCHA ini. Ya, kan?

Selidik punya selidik, sistem ini pertama kali beredar pada tahun 2009. Menjelang tahun 2013, CAPTCHA mengalami perombakan dengan mengubah sistem dan menambahkan tulisan “I’m not a robot” dalam fiturnya. Banyak pro kontra terkait perubahan sistem ini, namun nyatanya CAPTCHA terus digunakan hingga beberapa waktu lalu.

Nah, belum lama ini, Google mengumumkan bahwa pihaknya telah menemukan metode baru untuk menggantikan sistem CAPTCHA. Meski belum memberikan penjelasan secara spesifik dan kapan perilisannya, namun Google sudah memberikan gambaran tentang masa depan sistem identifikasi ini.

Menurut Google, sistem CAPTCHA ini tidak akan sepenuhnya dihilangkan melainkan digantikan dengan sistem lain yang lebih underground. Jadi, berbeda pada sistem sebelumnya yang secara terang-terangan mengidentifikasi pengguna sebagai manusia atau robot dengan menyajikan serangkaian gambar atau kata-kata, kini sistemnya akan bekerja di balik layar. Google dengan algoritma baru yang sedang dikembangkan akan mengecek behaviour atau kebiasaan pengguna saat melakukan browsing di internet.

Pengembangan ini menurut Google merupakan kombinasi machine learning untuk mengatasi ancaman yang mungkin akan muncul di masa depan. Alih-alih meminta pengguna untuk membuktikan diri dengan sistem CAPTCHA terdahulu, sistem CAPTCHA terbaru ini dinilai lebih akurat dalam mengidentifikasikan pengguna.

Namun demikian, sisi negatif dari sistem CAPTCHA terbaru ini adalah keleluasaan Google dalam mengintip histori penjelajahan kita di internet. Sebagian besar orang tidak suka jika privasinya dilanggar seperti ini. Google semakin jauh dalam merekam dan menganalisa tindakan pengguna internet dengan sistemnya.

Sejauh ini, pengembangan terbaru dari CAPTCHA ini masih belum diketahui telah sejauh apa. Namun yang pasti, perubahan pada sistem CAPTCHA sudah mulai diberlakukan dengan mengurangi penggunaannya secara perlahan. Kamu pun bahkan menyadari bahwa kini kamu tidak lagi lagi diminta untuk mengisi CAPTCHA untuk mengidentifikasi identitas kamu.

Nah, gimana menurutmu?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *