Kelebihan dan Kelemahan Hotel dengan Konsep Alam

hotel alamHotel yang memiliki konsep back to nature mulai banyak dipilih oleh masyarakat. Khususnya, bagi masyarakat yang kesehariannya tinggal di kota-kota besar, seperti Jakarta. Kepadatan penduduk, kemacetan kendaraan, polusi udara, dan banyaknya gedung bertingkat di kota-kota besar ini, membuat mereka merasa rindu dengan suasana alam yang masih asri. Karena itulah, banyak dari mereka yang memilih hotel dengan konsep alam atau back to nature untuk tempat menginapnya ketika sedang berwisata. Ketika mereka sedang berwisata ke Makassar misalnya, mereka akan mencari Hotel di Makassar yang memiliki konsep ini.

Konsep ini memang memiliki berbagai kelebihan bila dibandingkan dengan konsep lainnya, namun bukan berarti tidak memiliki kelemahan. Berikut ini, adalah beberapa kelebihan dan kelemahan dari hotel yang memiliki konsep back to nature:

Kelebihan

Hotel dengan konsep alami, biasanya masih banyak ditumbuhi pepohonan yang terawat dengan baik dan tanaman lainnya, sehingga udara di sini masih terasa sejuk dan segar. Karena itulah, banyak tamu yang merasa lebih rileks jika menginap di hotel dengan konsep ini. Selain itu, pemandangan alam yang asri dan indah, juga dapat membuat tamu melupakan sejenak segala masalah yang dihadapinya. Hotel dengan konsep ini, dapat membantu tamu untuk kembali menjernihkan pikirannya, setelah lelah dengan segala aktivitas kesehariaannya. Sehingga saat kembali ke daerah asal, tamu tersebut akan memulai aktivitasnya dengan pikiran yang kembali jernih dan segar.

Kelemahan

Hotel dengan konsep ini akan mmbutuhkan lahan yang jauh lebih luas bila dibandingkan dengan hotel dengan konsep modern. Umumnya, kamar atau unit pada hotel dengan konsep alam dibuat dengan bentuk menyerupai rumah untuk setiap kamarnya. Akibatnya, jumlah unit pada hotel ini akan terbatas. Selain itu, dibutuhkan perhatian khusus untuk menjaga seluruh tumbuhan agar dapat tumbuh subur dan tetap indah dipandang, yang tentunya akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Biaya perawatan yang mahal dan jumlah unit yang sedikit, akan berdampak pada biaya menginap yang dibebankan pada tamu yang menginap. Karena itulah, umumnya hotel dengan konsep alam akan memberikan tarif yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan hotel dengan konsep lainnya. (Yv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *