Kartu Memori Tidak Terbaca? Atasi dengan Cara Ini!

Kartu Memori

source: google

Kartu memori atau biasa dikenal dengan nama memori eksternal merupakan sebuah perangkat, yang digunakan untuk menyimpan berbagai data yang disimpan di dalam handphone pintar. Meski, kini sudah tersedia banyak handphone yang memberikan memori internal dengan space yang cukup besar, namun tetap saja tidak sedikit pengguna memanfaatkan kartu memori ini untuk penyimpanan data mereka. Kendati mampu menyimpan banyak data, tapi masalahnya ketika kartu memori ini tidak bisa terbaca di handphone, membuat data yang tersimpan di dalamnya pun tidak akan dapat dilihat bahkan diupload ke media sosial menggunakan internet bisnis.

Oleh karena itu, bagi pengguna yang kartu memorinya sudah tidak bisa lagi terbaca, coba deh atasi dengan beberapa cara ini. Apa sajakah itu? Berikut ini adalah berbagai caranya:

  • Bersihkan lempengan tembaga memori eksternal atau kartu memori. Supaya kartu memori bisa kembali terbaca, langkah pertama yang bisa mengatasinya adalah dengan cara membersihkan lempengan tembaga yang ada di memori eksternal atau kartu memori dengan menggunakan sebuah penghapus yang biasa digunakan untuk menghapus coretan dari pensil secara perlahan. Jika sudah selesai, masukkan kembali kartu memori ini ke dalam handphone, dan langsung cek apakah kartu memori ini bisa terbaca atau tidak.
  • Melakukan pengaturan yang tersedia di dalam handphone. Selain membersihkan lempengan tembaga, pengguna pun dapat melakukan pengaturan yang tersedia dalam handphone. Dengan cara membuka fitur menu yang ada di handphone. Kemudian, pilih fitur setting dan pilih storage. Di dalam fitur ini nantinya tersedia kata Erase SD Card, lalu pengguna dapat mengkliknya. Dan, secara otomatis kartu memori pun kembali bersih seperti sediakala.
  • Mengaturnya melalui PC. Untuk mengembalikan agar kartu memori bisa terbaca, pengguna pun dapat mengaturnya melalui PC. Caranya sangat mudah, dimana pengguna harus menghubungkan handphone ke PC ataupun Laptop menggunakan sebuah kabel data. Namun, sebelum melakukan cara ini, pengguna harus mengecek apakah handphone sudah terhubung dengan mass storage mode. Jika sudah, selanjutnya buka fitur windows explorer dan langsung memilih drive yang terletak di sebelah kanan. Setelah itu, bisa memilih fitur properties – tools – error checking, dan langsung eject kartu memorinya.

Nah, jika kartu memori tidak terbaca, coba deh melakukan beberapa cara di atas. Selamat mencoba! –SH–

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *