Jus Alpukat Sangat Disarankan Untuk Dikonsumsi Ibu Hamil

jus alpukat

source image: PKTV Bontang

Alpukat dikenal sebagai salah satu buah yang mengadung berbagai nutrisi jadi tidak heran jika buah inipun sangat disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil. Dan jika ingin, kamu bisa menjusnya dan mencampurnya dengan berbagai ingredients lain yang sehat bagi janin dan ibunya. jus untuk ibu hamil ini jika dikonsumsi dengan teratur dapat memberikan manfaat yang banyak seperti:

Membantu Proses Pertumbuhan Saraf, Tulang dan Organ Tubuh Janin

Menurut Prof. dr. Joseph Hersh yang berasal dari Fakultas Kedokteran Universitas Louisville, Kentucky, Amerika, trimester pertama merupakan proses yang penting karena ini adalah saatnya pembentukan sistem saraf pada janin. Salah satu zat yang sangat membantu proses pembentukan saraf adalah asam folat dimana zat ini bisa ditemukan dalam buah alpukat.

Ternyata selain membantu pembentukan saraf, asam folat juga penting untuk perkembangan organ tubuh janin dan tulang. Apalagi ternyata alpukat juga mengandung kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang. Dan ingat, kalsium juga membantu menguatkan tulang pada ibu yang sedang mengadung.

Mencegah Komplikasi

Asam folat dan vitamin C pada alpukat tidak hanya membantu pertumbuhan janin tetapi juga membantu menjaga kondisi ibu hamil agar tetap prima. Seorang ibu yang sedang hamil, pasti sering mengalami kelelahan, anemia dan insomnia; dan solusi untuk mengatasi masalah-masalah ini adalah dengan mengkonsumsi makan yang mengandung asam folat dan vitamin C. Selain itu, konsumsi makanan yang mengadung asam folat dan vitamin C dapat meminimalis terjadinya preeklamsia, tekanan darah tinggi yang bisa menyebabkan keracunan pada janin.

Dikarenakan kebutuhan ibu hamil untuk asam folat sangat banyak, disarankan ibu mengkonsumsi buah atau jus alpukat serutin yang bisa (minimum 1-2 kali seminggu). Jika tidak suka alpukat sama sekali, jangan khawatir karena masih ada sumber penghasil asam folat lain seperti pisang, susu, brokoli, tempe, jeruk, tahu, taoge dan kacang-kacangan. Menu makanan yang cocok sebagai sumber asam folat adalah karedok, gado-gado dan rujak buah.

Ingat, pastikan mengkonsumsi makanan sehat terutama buah dan sayur secukupnya agar janin bisa bertumbuh dengan baik. –hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *