Jenis Pipa yang Sering Dipakai untuk Pipa Pembuangan

pipa pembuangan

image source: unplasticized Poly Vinyl Chloride

Penggunaan pipa PVC dan pipa HDPE untuk sarana menyalurkan air di rumah maupun gedung sudah menjadi hal umum, terutama pipa PVC yang juga digunakan untuk saluran pembuangan. Gimana nggak, selain harga pipa PVC yang bisa dibilang cukup murah, kualitas yang diberikan oleh pipa PVC ini pun sudah tidak diragukan lagi. Memang, pipa ini seringkali dijadikan sebagai sarana untuk membuang air pembuangan di rumah ataupun gedung, tapi ada pula jenis lain yang juga bisa digunakan untuk pipa penyambung air. Apa sajakah itu?

Berikut adalah beberapa pipa yang acapkali digunakan sebagai sarana untuk saluran air pembuangan.

  • Pipa Persil. Pipa persil atau disebut pula dengan pipa PVC merupakan salah satu jenis pipa yang bisa dimanfaatkan untuk pipa saluran air pembuangan di rumah ataupun pusat industri. Biasanya, pipa satu ini menerima sisa pembuangan langsung dari sumbernya, dan terletak di bagian pekarangan rumah maupun gedung. Untuk diameternya sendiri, pipa yang sangat bermanfaat ini memiliki diameter sebesar 4-5 inchi.
  • Pipa Servis. Pipa servis adalah satu diantara banyak jenis pipa yang bisa pula dijadikan sebagai sarana untuk menyalurkan air pembuangan. Pipa ini biasanya diletakkan di luar pekarangan gedung maupun rumah yang Anda tempati. Dan pipa satu ini memiliki diameter sebesar 6-8 inchi, dan memiliki tugas untuk menerima air buangan yang dibuang oleh pipa persil.
  • Pipa Lateral. Masih digunakan untuk pipa pembuangan, pipa lateral ini pun bertugas untuk menerima air buangan yang berasal dari pipa servis. Pipa lateral ini sendiri berdiameter 8 inchi, dan sering diletakkan di sepanjang jalan yang berada di depan rumah dan gedung.
  • Pipa Cabang. Menerima air pembuangan yang datang dari pipa lateral, pipa ini juga difungsikan untuk membuang air pembuangan di rumah dan gedung. Pipa ini mempunyai diameter sebesar 8 inchi sama dengan pipa lateral.
  • Pipa Induk. Pipa induk ini memiliki tugas untuk membuang air pembuangan dari pipa cabang dan langsung dibawa ke pusat pengolahan limbah pembuangan maupun septic tank.

Itu beberapa jenis pipa yang sering digunakan untuk pipa pembuangan. Semoga bermanfaat! –SH–

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *