Jenis Cloud Sever

cloud serverCloud server sebenarnya memiliki sistem kerja yang sama dengan server biasa (berbentul fisik), namun fungsi yang mereka tawarkan bisa sangat berbeda. Dalam penggunaan cloud server, Anda menyewa sebuah virtual server daripada sebuah server yang berbentuk fisik. Keuntungan menggunakan cloud server adalah

  • Lebih hemat biaya karena Anda hanya membayar apa yang Anda gunakan saja
  • Kapasitas server bisa diperkecil ataupun diperbesar sesuai kebutuhan alias fleksibel
  • Sangat mudah digunakan dan dipasang

3 Jenis Cloud Server

Dalam memilih cloud server, Anda perlu tahu bahwa ada 3 jenis cloud server yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda:

Public Cloud Server

Public cloud server merupakan jenis cloud yang paling banyak digunakan. Jenis ini adalah layanan cloud yang disediakan untuk mengakses infrastruktir bersama yang sama. Salah satu contohnya adalah webmail dan penyimpanan dokumen online yang memang dibuat agar bisa dibaca oleh semua orang.

Private Cloud Server

Seperti namanya, cloud server jenis ini lebih privasi dibandingkan public cloud server. Jenis cloud ini hanya bisa diakses oleh kalangan tertentu saja sehingga cloud ini bisa dibilang lebih aman dibandingkan public cloud. Kebanyakan jenis cloud ini digunakan oleh kalangan bisnis swasta ataupun pemerintah. Contoh penggunaan cloud server ini adalah penyimpanan data finansial atau pencatatan keuangan perusahaan.

Hybrid Cloud Server

Jenis Hybrid Cloud Server adalah layanan cloud yang menggabungkan fungsi public dan private cloud server untuk melakukan fungsi yang berbeda. Perusahaan bisa menggunakan public cloud server yang terkenal efisien biaya untuk kebutuhan operasi yang tidak sensitif atau rahasia. Sedangkan untuk kebutuhan operasional yang bersifat rahasia seperti keuangan, perusahaan bisa menggunakan private cloud server.

Dengan menggabungkan penggunaan ke-2 jenis cloud server, Anda bisa mendapatkan manfaat dari ke-2 cloud server ini. Apa saja manfaat yang bisa didapatkan

Dari Public Cloud Server

  • Biaya yang lebih efisien
  • Mudah diakses dan digunakan oleh seluruh karyaan dari bagian perusahaan

Dari Private Cloud Server

  • Keamana pastinya lebih terjamin karena tidak semua karyawan diperusahaan dapat mengakses private cloud server
  • Mudah mengontrol pertukaran data dan siapa saja yang bisa mengaksesnya

Pilih cloud server yang sesuai dengan kebutuhan. –hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *