JapChae, Soun Goreng Ala Korea

japchae

source: google image

Japchae merupakan salah satu masakan khas Korea yang menyerupai soun goreng. Meskipun mirip soun goreng, ternyata dari segi rasa dan pembuatan sungguh berbeda, lho. Nah, penasaran dengan cara membuat Japchae ini? Bahan dan caranya mudah sekali, lho. Simak yuk! Lumayan kan, masakan ini bisa jadi variasi menu saat kamu bingung harus memasak apa ketika tengah bersantai di properti indonesia milikmu.

Psst, untuk soun yang digunakan, ada baiknya membeli soun khusus Japchae yang banyak dijual di supermarket. Cari di rak international food, nanti kamu akan menemukan soun khusus dengan mudah. Pasalnya, tekstur soun untuk Japchae ini lebih kenyal dibanding dengan soun biasa. Akan tetapi, jika tidak sempat mencarinya, boleh juga kok menggunakan soun biasa.

Nah, apa saja yang harus dipersiapkan? Di antaranya adalah bayam, kecap asin, minyak wijen, bawang bombay, paprika merah, daun bawang wortel, jamur shitake, bayam, daging, dan juga gula. Sederhana sekali, kan?

Yuk deh, langsung simak bagaimana cara memasaknya!

  • bahan japchae

    source: google image

    Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah merebus sounnya. Masak soun dalam air mendidih selama kurang lebih 4 menit.

  • Setelah soun matang, tiriskan sampai airnya tidak tersisa. Berikan kecap asin dan juga minyak wijen. Aduk hingga merata agar soun tercampur dengan kecap. Sisihkan.
  • Sekarang, saatnya meracik topping untuk bihun. Ini dia beberapa yang dipersiapkan:
    • Ambil bayam yang sudah disiapkan, rebus hingga matang. Setelah matang, cuci dengan air dingin, lalu tiriskan sampai tidak tersisa airnya. Potong kecil-kecil, campurkan dengan kecap asin dan minyak wijen, lalu campurkan ke dalam soun.
    • Ambil wortel, potong kecil-kecil dan tipis-tipis sesuai selera, lalu tumis dengan minyak wijen. Pastikan wortel sudah matang sebelum dicampurkan pada soun.
    • Tumis bawang bombay, masukkan daging, paprika merah yang sudah diiris, dan juga jamur shitake yang sudah dipotong-potong. Masak hingga harum lalu tuangkan kecap asin dan 1 sdt gula. Setelah matang, masukkan dalam soun.
  • Setelah topping siap semua, masak soun dengan semua topping secara bersamaan. Aduk rata, tambahkan kecap asin, daun bawang dan juga minyak wijen jika diinginkan. Cicipi apakah rasa manis dan asinnya sudah terasa cukup atau belum.
  • Japchae siap disajikan!

Gimana, gampang sekali ya ternyata membuat Japchae sendiri di rumah! Japchae ini cocok untuk dijadikan menu sarapan atau makan malam karena porsinya yang tidak terlalu besar namun mengenyangkan. Selain itu, karena mengandung banyak sayuran, Japchae ini juga cukup sehat lho. Selamat mencoba, ya :D

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *