Jangan Lupa Gunakan Perlengkapan Safety Riding Ketika Berkendara!

Berkendara saat macet, hujan, dan juga terik adalah hal-hal yang mau tak mau harus dijalani ketika kita mengemudikan sepeda motor. Pasalnya, sepeda motor merupakan moda transportasi yang lumrah untuk digunakan oleh masyarakat ibukota. Mobilisasi yang lebih mudah menjadi alasan mengapa alat transportasi ini banyak dipilih oleh masyarakat, baik perempuan atau laki-laki. Nah, agar aktivitas berkendara kita lebih aman, yuk jangan lupa gunakan perlengkapan safety riding untuk melindungi diri dari hal-hal yang tidak diinginkan. Apa saja yang termasuk dalam perlengkapan berkendara ini? Simak daftar lengkapnya:

  • berkendaraan dengan amanJaket yang tebal. Jaket merupakan salah satu perlengkapan berkendara dengan motor yang tidak boleh ditinggalkan. Pasalnya, jaket memegang peranan penting ketika kita berkendara. Jaket berfungsi untuk melindungi tubuh dari terpaan angin yang mengenai area dada. Dengan menggunakan jaket, tubuh pun terlindungi sehingga suhunya tetap hangat dan jauh dari penyakit.
  • Sepatu beralas datar. Kaki merupakan bagian tubuh yang tidak boleh dilupakan saat berkendara. Mengingat kaki sangat berperan untuk mengubah kopling dan menjaga keseimbangan motor, jadi penting hukumnya untuk menggunakan sepatu beralas datar saat berkendara. Hindari menggunakan sandal yang licin atau sepatu berhak tinggi karena akan merepotkanmu ketika mengendarai motor. Pilih sepatu yang nyaman dan beralas datar, ya!
  • Sarung tangan. Selain kaki, tangan pun harus dilindungi! Selalu gunakan sarung tangan ketika mengendarai motor. Sarung tangan berfungsi untuk melindungi permukaan tangan agar tidak licin ketika memegang stang motor. Biasanya, sarung tangan untuk rider dilengkapi dengan bagian grip yang tidak licin sehingga tidak slip saat dipegang. Selain itu, menggunakan sarung tangan juga menghindarkan kamu dari kemungkinan belang karena mengendarai motor di bawah sinar matahari.
  • Masker. Tidak bisa disangkal, jalan raya penuh dengan debu yang bisa menyebabkan penyakit jika terlalu lama dihirup. Untuk itu, sebaiknya tutupi mulut dan hidung kita dengan masker agar terhindar dari debu jalan yang beterbangan di sekitar kita. Dengan begitu, kita bisa terhindar dari bibit-bibit penyakit yang bercampur dengan debu.
  • Helm. Ini dia peralatan yang tidak kalah pentingnya: helm! Jangan penah mengendarai motor tanpa menggunakan helm karena akan sangat berbahaya sekali akibatnya. Helm berfungsi untuk melindungi kepala kamu dari terpaan angin, hujan, panas, dan juga dari benturan. Ketika ada sesuatu yang tidak diinginkan terjadi, maka helm akan menjadi pelindung pertama yang akan menjaga kepala kamu dari benturan.

Dengan menggunakan peralatan safety riding di atas, dijamin aktivitas berkendara kamu menjadi lebih aman. Selamat mencoba, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *