Jangan Lakukan ini ya Saat Pulang Kampung

Apa yang biasa kamu lakukan saat lebaran? Hmm… mungkin mudik bersama keluarga dengan menggunakan Mitsubishi Pajero Sport adalah hal yang wajib kamu lakukan. Yap, tradisi mudik memanglah sebuah hal yang wajib ada setiap Lebaran. Pulang ke kampung halaman dan bertemu orangtua serta saudara yang hanya bisa ditemui setahun sekali, yaitu saat Lebaran, menjadi sebuah momen penting dan berharga.

Sayangnya, momen ini terkadang harus rusak karena beberapa hal yang mungkin tidak sadar kita lakukan. Akibatnya bisa beragam. Dari kita yang menjadi merasa kurang nyaman, atau justru orang disekitar  kampung halaman kita yang merasa tidak nyaman dengan kehadiran kita. Berikut ini, adalah beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan saat pulang kampung:

  • mudikTidak semua masyarakat yang tinggal di daerah pedesaan menggunakan asisten rumah tangga yang akan membantu membereskan rumah. Jadi, jangan membuat keluarga kita menjadi semakin repot setelah kedatangan kita. Misalnya, saat kita selesai makan cucilah piring dan perabotan lain bekas makan kita sendiri. Kalau perlu, bantulah juga mereka saat membersihkan rumah dan berbagai hal lainnya.
  • Jangan melakukan sesuatu yang tidak disukai. Ingatlah, bahwa beberapa daerah pedesaan masih sangat memegang tradisi mereka. Hargailah keyakinan mereka tersebut. Sekalipun misalnya tidak sesuai dengan kita, namun akan lebih baik jika kita tidak mengotak-atiknya.
  • Kita sudah susah payah menempuh perjalanan jauh dan berat saat mudik itu, bertujuan untuk bersilaturahmi dengan keluarga. Jadi, manfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Jangan malah menghabiskan waktu untuk tidur atau bermain gadget.
  • Hidarilah adu argumen dengan salah seorang anggota keluarga mengenai hal apapun, karena ini akan membuat suasana menjadi tidak nyaman. Saat mengobrol, akan lebih baik jika mencari topik ringan yang tidak akan memicu adanya adu argumen.
  • Biasanya, masyarakat yang tinggal di daerah pedesaan memiliki waktu aktif beraktivitas berbeda dengan masyarakat yang tinggal di perkotaan. Mereka cenderung beristirahat lebih cepat, tidak seperti di kota yang terkadang masih saja ramai meskipun sudah tengah malam. Sebab itulah, jika kamu sedang berada di pedesaan sebaiknya hindari melakukan kegiatan yang akan memancing keributan di malam hari. (Vita)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *