Jangan Lakukan Ini Saat Mencuci Sepeda Motor

cuci motor

source: panenmaya

Sama halnya dengan manusia, sepeda motor yang digunakan untuk sarana bepergian tentu patut dicuci agar selalu terlihat bersih. Selain bersih, dengan mencuci sepeda motor ini, tentu saja dapat menghilangkan berbagai kotoran yang menempel pada motor, sehingga membuat motor tetap kinclong dan bebas dari kotoran. Namun, perlu untuk diketahui, pada saat mencuci motor ini para pengguna harus selalu berhati-hati. Mengapa demikian? Alasannya, jika salah dalam mencuci motor ini, ternyata dapat merusak beberapa komponen yang terdapat di dalam motor loh. Meski sudah memiliki asuransi motor terbaik sekalipun, tetapi sepeda motor yang rusak yang diakibatkan oleh salah ketika mencuci belum pasti akan ditanggung oleh pihak asuransi.

Oleh sebab itu, saat mencuci sepeda motor ini, ada baiknya kalian sebagai pengguna sepeda motor jangan melakukan beberapa hal ini. Simak langsung ulasannya:

  • Tidak menyemprotkan air berkekuatan tinggi. Ketika kalian mencuci sepeda motor menggunakan pipa penyemprot, usahakan hasil semprotan tidak berkekuatan tinggi. Lantaran, air semprotan dengan kekuatan tinggi, dapat membuat rusak komponen kelistrikan maupun komponen bergerak di dalam motor, sehingga berakibat pada tidak berfungsinya komponen yang ada di dalam bagian sepeda motor.
  • Jangan memasukkan air ke dalam knalpot motor. Supaya bagian dalam knalpot sepeda motor bersih, terkadang tidak sedikit dari kalian yang memasukkan air baik di sengaja maupun tidak. Namun, sebenarnya hal yang seperti bukanlah sesuatu yang patut untuk dilakukan, dikarenakan knalpot yang kemasukan air biasanya membuat mesin sepeda motor tidak bisa dinyalakan. Selain itu, apabila air sudah memasuki area knalpot ini, dapat mengakibatkan berkaratnya knalpot motor.
  • Jangan semprotkan air ke bagian bawah jok sepeda motor dengan tekanan tinggi. Agar bagian jok maupun komponen yang terletak di bagian jok mesin tidak rusak, alangkah baiknya saat mencuci sepeda motor kalian tidak menyemprotkan air di bagian bawah jok motor dengan tekanan yang cukup tinggi. Hal ini bertujuan untuk menghindari supaya tidak terjadi kerusakan di bagian komponen yang sangat sensitif dengan air.

Demikianlah beberapa hal yang jangan dilakukan apabila kalian sedang mencuci sepeda motor. –SH–

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *