Jangan Diabaikan, Kaca Spion Mobil Juga Perlu Dirawat!

membersihkan mobilSeringkali, pengendara lebih fokus merawat mesin mobil daripada komponen di bagian luar seperti kaca spion. Padahal, semua pasti tahu kalau kaca spion berperan penting saat berkendara. Hanya saja, biasanya perawatan kaca spion ini sering terabaikan. Memang, jika memiliki asuransi mobil all risk, kerusakan sekecil apa pun, termasuk kerusakan kaca spion dapat ditanggung oleh pihak asuransi. Meski demikian, tetap saja kita harus merawatnya dengan baik sebelum terjadi kerusakan.

Namun, sebelum mengetahui cara merawat kaca spion yang tepat, ada baiknya kita pahami dulu kerusakan seperti apa yang umum terjadi pada kaca spion elektrik mobil:

  • Tombol penggerak kaca spion tidak berfungsi saat ditekan.
  • Kaca spion buram, pecah atau patah.
  • Karat pada motor gerak spion.

Lantas, bagaimana cara merawat kaca spion untuk mencegah kerusakan-kerusakan tersebut?

  • Bersihkan kaca spion dengan benar. Merawat kaca spion sama dengan menjaga kebersihannya juga. Kotoran seperti debu dan cipratan lumpur dapat meninggalkan noda kering jika dibiarkan. Akibatnya, kaca spion pun jadi sulit dibersihkan. Karena itu, bersihkan kaca spion secara rutin. Cipratkan air sabun ke spion yang kotor, diamkan beberapa saat, lalu gosok perlahan menggunakan kain lap berbahan halus hingga bersih.
  • Gunakan cairan khusus. Membersihkan kaca spion pun tidak bisa menggunakan sabun sembarangan. Jika Anda ingin membersihkan bercak air pada kaca spion, sebaiknya gunakan cairan khusus atau buat cairan berbahan dasar air dan vinegar dengan perbandingan 2:1. Jangan khawatir, asam yang terdapat dalam vinegar merupakan asam yang aman untuk kaca spion.
  • Pastikan tidak ada air yang terperangkap. Setelah mencuci spion, pastikan tidak ada air yang terperangkap untuk mencegah timbulnya karat pada kaca spion.
  • Lumasi dengan grease. Untuk menjaga kinerja motor spion, Anda harus rutin melumasi grease pada motor spion.
  • Tekan tombol elektronik berulang kali. Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga gerakan motor atau gerakan buka tutup spion tetap fleksibel. Jika mobil lama tak dipakai dan kaca spion lama dalam keadaan tertutup, maka kotoran dapat mengganggu gerakan buka tutup.
  • Atasi karat. Untuk membersihkan karat pada spion, Anda bisa melepasnya secara perlahan dan membersihkan rongga gerak spion menggunakan kuas kecil.

Itu dia beberapa tips merawat kaca spion agar tidak mudah mengalami kerusakan. Semoga membantu! (Rima)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *