Jajanan Jalanan Khas Kota Surabaya

Belibur ke Surabaya tidak lengkap rasanya bila kita tidak menelusuri dan mencoba jajanan jalanan kota Surabaya. Memang sudah banyak restoran yang menyajikan makanan Surabaya bahkan beberapa restoran di hotel Surabaya ternama pun pastinya menawarkan beberapa makanan khas kota Surabaya. Tapi tetap saja perasaa adventure dalam mengelilingi kota dan mencari jajanan khas tidak dapat tergantikan.

Jajanan Jalanan Khas Kota Surabaya

Berikut ini beberapa daftar jajanan jalanan Surabaya yang tidak boleh terlewatkan:

Makanan Khas

Siapa bilan jajanan jalanan itu harus berupa cemilan, makanan yang bisa membuat kenyang juga bisa disebut jajanan jalanan. Dibeberapa sudut kota Surabaya, menawarkan kuliner khas yang akan membuat lidah kita bergoyang seperti:

Rawon Setan Embong Malang

Tempat makan rawon setan ini terdapat di jalan Embong Malang yang merupakan jalan utama di kota Surabaya sehingga banyak orang mengenalnya dengan nama “Rawon Setan Embong Malang”. Di tempat ini, kita dapat memilih 2 jenis rawon yaitu rawon daging atau rajajanan surabayawon campuran (jeroan). Setelah memilih jenis rawon, kita bisa memilih apakah ingin nasi dicampur bareng rawonnya atau dipisah.

Pada saat kita duduk, kita akan disajikan kerupuk udang, telur asin, telur pindang, tempe goreng, perkedel dan jeroan yang sudah dibumbuhi empal sebagai teman makan rawon. Harganya berkisar antara Rp 28 ribu. Merasa harganya mahal? Jangan karena daging yang ada di dalam rawon cukup banyak dan empuk lagi jadi tidak sayanglah mengeluarkan uang segitu buat makan seporsi rawon setan ini.

Sate Klopo Ondomohen Ibu Asih

Tempat makan ini terletak di jalan Walikota Mustajab. Sesuai namanya tempat makan ini dikelola oleh keluarga ibu Asih. Usaha keluarga ini sudah berjalan kurang lebih 60 tahun. Apa sebenarnya sate klopo? Sate klopo adakah sate ayam, daging sapi, gajih, usus, otot, sumsum atau campur yang ditaburi serutan kelapa muda yang sudah dibumbui terlebih dahulu.

Saus tambahannya adalah bumbu kacang yang dicampur dengan kecap dan ditambah dengan potongan rawit jingga serta daun bawang. Bagi yang ingin kenyang, bisa menambahkan nasi atau lontong. Kisaran harganya Rp 13 ribu – Rp 22 ribu.

Cemilan Khas Kota Surabaya

Berikut ini beberapa cemilan khas kota Surabaya yang paling mudah ditemukan

Kue Perut Ayam

Walaupun namanya perut ayam, kue ini tidak terbuat dari daging sama sekali. Adonan kue ini pure terbuat dari telur, ragi, tepung terigu, tape, gula dan garam. Dinamakan perut ayam karena bentuknya yang mirip dengan perut ayam. Biasanya kue ini dijual pas pagi – siang hari jadi cocok digunakan sebagai santapan sarapan.

kamar hotel surabayaBila bigung cari dimana, kita datang ke kawasan Rungkut tepatnya di pinggir jalan di antra perumahan Rungkut Permai dan sebauh pasar Pahing Rungkut. Atau kita bisa mengunjungi daerah Dukuh Kupang. Harganya cemilan ini cukup murah, kita hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp 1.000 – Rp 2.000 per buah.

Agar mudah dalam mencari jajanan jalana di atas, disarankan memilih hotel Surabaya yang dekat dengan lokasi jajanan. Tentunya selain lokasi, fasilitas serta kenyaman hotel Surabaya juga menjadi bahan pertimbangan dalam proses pemilihan hotel Surabaya. Selamat mencoba jajanan jalanan khas Subaraya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *