Inilah Hal-Hal yang Mempengaruhi Besar Kecilnya Premi Asuransi

asuransiMempunyai asuransi jiwa adalah solusi yang tepat untuk membuat hidup lebih tenang dan aman, selain itu juga sekaligus dapat berinvestasi. Anda dapat memilih asuransi jiwa unit link untuk mendapat berbagai manfaatnya, seperti proteksi dan investasi. Namun, masih banyak yang mengeluhkan bahwa asuransi jiwa terbilang mahal. Padahal semua sudah melalui proses underwriting yang dimana sudah disesuaikan dengan keadaan calon nasabah. Inilah alasannya mengapa premi asuransi jiwa berbeda antar satu dengan lainnya :

  • Usia

Usia merupakan salah satu yang menyebabkan premi asuransi mahal, sebab hal tersebut sesuai dengan statistik kematian seseorang. Semakin muda usia yang mengajukan asuransi, kemungkinannya, semakin murah juga tarif premi yang akan didapatkan. Misalnya, usia 20 tahun akan membayar premi lebih murah dibandingkan usia 40 tahun.

  • Pekerjaan

Setiap pekerjaan mempunyai risiko masing-masing. Seperti ketika seseorang pekerja yang lebih banyak di luar ruangan akan lebih besar membayar preminya dibandingkan dengan seseorang yang bekerja dalam ruangan.

  • Riwayat Kesehatan

Kondisi Kesehatan juga menjadi acuan yang mempengaruhi besar kecilnya Anda membayar premi asuransi jiwa. Bila Anda memiliki riwayat kesehatan buruk, memiliki penyakit keturunan, atau menderita penyakit besart, kemungkinan besar premi yang harus dibayarkan juga lebih mahal.

  • Besaran Tanggungan

Salah satu faktor kenapa asuransi murah atau mahal karena besaran tanggungan yang ingin diterima peserta asuransi. Makin besar tanggungan perusahaan asuransi, makin besar premi yang dibayarkan. Misalnya, seseorang tertanggung ingin memiliki uang pertanggungan  (UP) atau uang santunan untuk keluarga yang ditinggal, ingin mempunyai UP 1 Miliar, otomatis preminya akan berbanding lurus dengan UP yang diminta.

  • Gaya hidup

Gaya hidup masyarakat perkotaan sudah semakin modern dan beragam. Mulai dari lingungan kerja dan pola hidupnya yang padat, itu mempengaruhi kesehatan seseorang. Merokok, minum alkohol, ataupun melakukan hobi berisiko tinggi jadi faktor besarnya premi yang dibayar peserta asuransi. Misalnya perokok, bersiaplah Anda yang perokok aktif, akan membayar premi yang lebih mahal daripada perokok pasif, karena akan berisiko terkena penyakit dari gaya hidup seperti itu. Atau Anda memiliki hobi panjat tebing, akan lebih mengalami risiko kecelakan hingga kematian.

  • Masa Asuransi

Apabila seseorang mengambil masa asuransi yang terbilang jangka panjang, bersiaplah membayar premi lebih besar karena perusahaan asuransi akan menanggung risiko lebih lama.

Itulah hal-hal yang menjadi pertimbangan perusahan asuransi menetapkan tarif premi kepada pihak tertanggung. Dengan memahami faktor-faktor yang memengaruhi besaran premi, Anda juga bisa membantu meminimalisir salah satu tantangan yang dihadapi oleh agen asuransi dan pihak asuransi, yakni miskomunikasi dengan nasabah. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *