Ini Manfaat Menggunakan Exhaust Fan di Rumah

jendela putarCukup banyak rumah yang menggunakan exhaust fan. Biasanya, alat ini dipasang di area kusen UPVC pada bagian ventilasi yang terletak di atas jendela dengan model minimalis di rumah. Alat ini umumnya digunakan untuk menghisap udara kotor yang ada di dalam ruangan dan kemudian membuangnya ke luar ruangan. Itulah sebabnya, alat ini seringkali dipasang di ruangan yang bersisian dengan area luar rumah.

Selain itu, ada beberapa manfaat dan keuntungan dari penggunaan exhaust fan ini di rumah, antara lain:

  • Memperlancar sirkulasi udara

Untuk rumah yang memiliki ventilasi kurang baik atau bahkan buruk, alat ini akan mampu membantu proses sirkulasi udara di dalam ruangan. Sebab, alat ini akan menghisap udara dalam ruangan dan menggantinya dengan udara yang baru dan bersih. Dengan begitu, udara akan tetap mengalami sirkulasi secara baik layaknya rumah dengan ventilasi yang baik.

  • Menyejukkan ruangan

Tidak hanya menghisap udara kotor dari dalam ruangan, alat ini juga mampu mengalirkan udara baru yang segar dan bersih ke dalam ruangan. Inilah yang membuat ruangan dengan exhaust fan terasa lebih sejuk dan segar, meskipun tidak menggunakan AC.

  • Ramah lingkungan

Berbeda dengan AC yang memberikan dampak buruk pada lingkungan, penggunaan exhaust fan pada ruangan dapat memberikan kesegaran tanpa merusak lingkungan. Tidak hanya itu, exhaust fan juga memiliki daya listrik yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan AC, sehingga tidak akan membebani listrik.

Mungkin beberapa dari kamu masih bertanya-tanya, apa bedanya menggunakan exhaust fan dengan kipas angin? Apalagi, bentuknya bisa dikatakan mirip, hanya saja exhaust fan terpasang pada dinding atau kusen, sementara kipas angin biasanya berada benar-benar di dalam ruangan. Sebenarny,a keduanya sama-sama bisa memberikan kesejukan melalui angin yang dikeluarkan. Akan tetapi, kipas angin tidak mampu membantu sirkulasi udara dan hanya mampu memutar udara yang ada di dalam ruangan saja. Itulah alasannya, mengapa udara di dalam ruangan yang menggunakan kipas angin akan tetap panas jika tidak ada ventilasi udara. Berbeda dengan exhaust fan yang mampu mengusir udara panas. (Vita)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *