Ini Bahaya Ketika Oli Kendaraan Bocor

oli bocorOli memiliki fungsi penting bagi mesin apapun, termasuk juga kendaraan. Sebab, oli akan melumasi komponen mesin yang saling bergesekkan saat mesin bekerja. Itulah sebabnya, melakukan penggantian oli dan memilih oli terbaik yang tepat untuk kendaraan menjadi hal yang sangat penting. Apalagi oli yang tepat tidak hanya mempengaruhi keawetan mesin saja, tetapi juga kenyamanan dan keamanan saat berkendara.

Lalu, bagaimana jika sudah menggunakan oli berkualitas bagus tetapi tidak berfungsi maksimal akibat adanya kebocoran?

Tentu saja, hal ini akan sangat berbahaya dan memiliki dampak negatif. Apa sajakah itu? Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

Fungsi oli terganggu

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, oli berfungsi untuk melumasi komponen mesin yang bergesekkan. Ketika oli mengalami kebocoran apalagi yang cukup parah, maka jumlah oli akan terus berkurang sehingga mungkin ada komponen mesin yang tidak bisa terlumasi secara maksimal. Akibatnya komponen mesin tersebut akan mengalami pengikisan lebih cepat dari yang seharusnya sehingga masa usia pakainya menurun. Selain itu, tidak adanya peredam saat terjadi gesekkan juga bisa menyebabkan mesin menjadi mudah panas dan mengalami overheat. Jika sudah begini, dampak kerusakannya tentu akan semakin fatal.

Berpotensi terjadinya kecelakaan

Oli yang bocor bisa meningkatkan terjadinya kecelakaan baik akibat dari oli yang tidak berfungsi maksimal di dalam kendaraan, maupun akibat dari tumpahnya oli ke jalanan. Dari kendaraan sendiri, fungsi oli yang bermasalah bisa menyebabkan mesin tidak bekerja sesuai dengan yang diharapkan. Misalnya terjadi selip pada rem akibat bocornya oli rem, atau yang lainnya. Sementara kecelakaan akibat tumpahnya oli di jalan, bisa menyebabkan mobil yang melaju di atasnya tergelincir dan kehilangan kendali atas kendaraannya. Memang, Anda mungkin tidak akan mengetahuinyakarena mobil tersebut pasti melaju setelah Anda. Namun, apa Anda mau menjadi penyebab seseorang mengalami kecelakaan?

Pencemaran lingkungan

Oli termasuk ke dalam zat kimia berbahaya yang harus ditangani dengan cara yang benar. Itulah sebabnya pada proses penggantian oli, Anda maupun bengkel yang melakukan ganti oli, tidak boleh sembarangan saja membuang oli bekas.Apalagi jika oli kendaraan Anda bocor dan terus menetes ke mana pun Anda pergi, artinya Anda ikut berperan mencemari lingkungan di area tersebut.

Kebocoran oli biasanya terjadi akibat adanya kerusakan pada salah satu komponen. Hal ini sulit jika ingin Anda coba atasi sendiri. Ada baiknya jika kendaraan Anda mengalami masalah ini, segera atasi dengan membawa kendaraan ke bengkel langganan. (Vita)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *