Ikut Casting Rumah Produksi

rumah produksi sinetronDi saat sinetron baru akan diproduksi, biasanya rumah produksi sinetron tersebut akan mengadakan casting. Casting merupakan kesempatan emas bagi para calon aktris dan aktor untuk menunjukan bakatnya. Bisa dibilang Casting itu sama seperti Interview Pekerjaan karena pada saat Casting, calon aktris dan aktror diuji apakah memang cocok memerakan karakter di sinetron yang akan diproduksi.

Untuk mengikuti sebuah Casting, bukan hanya modal nekat dan tampang saja. Seperti melamar pekerjaan lainnya, Anda harus menyiapkan diri dan bisa menyakinkan pihak produksi house bahwa Anda adalah yang dicari mereka. Gimana cara menyiapkan diri?

Tips Ikut Casting Rumah Produksi Sinetron

Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan oleh Anda:

Cek Kualifikasinya Sebelum Melamar

castingPada umumnya, pihak rumah produksi akan mengeluarkan daftar karakter yang mereka inginkan beserta kualifikasinya. Bacalah dengan detail kualifikasi yang mereka cari dan cek apakah memang Anda memenuhi persyaratan tersebut. Hal ini penting untuk memastikan Anda memang cocok dengan audisi / casting tersebut. Bayangkan jika Anda tidak membaca secara detail, ternyata yang dicari adalah orang yang jago masak makanan menado sedangkan Anda tidak biasa; bukannya jadi buang waktu secara percuma.

Pelajari Cara Memerankan Karakter    

Setelah mengecek dan kualifikasi karakternya cocok dengan Anda, saatnya mempelajari gimana cara memerankan karakter tersebut. Jangan ragu mencoba mencari berbagai video sebagai bahan referensi. Coba memainkannya dan mintalah pendapat teman serta keluarga. Ingat, selain mimik muka, Anda perlu memperhatikan intonasi serta cara pengucapan setiap kata.

Ada baiknya lagi, mintalah dialog dan rincian personality karakter dari pihak rumah produksi sinetron agar Anda bisa mempelajarinya jauh-jauh hari sebelum hari casting. Dan bila Anda tidak mengerti, jangan malu untuk bertanya langsung mengenai karakter agar Anda bisa memahaminya dan bisa memerankannya dengan lebih baik.

Datang Langsung ke Lokasi Casting

Dalam menyerahkan surat lamaran, sangat disarankan tidak menyuruh orang lain. Datang sendiri dan langsung serahkan kepada pihak yang langsung menagani casting. Jangan menyerahkan kepada orang yang mengaku pihak dalam namun bukan team casting. Ingat serahkan kepada team casting.

Persiapkan Metal dan Fisik

Sudah oke tuh cara memerankan karakternya tapi jangan lupa mempersiapkan mental dan fisik. Ingat, jangan sampai Anda sakit karena Anda perlu tubuh yang sehat untuk menjalankan casting hingga selesai. Gak lucukan kalau gagal casting karena pingsan.

Semoga artikel ini membantu Anda yang ingin ikut casting rumah produksi sinetron. –hm-

9 comments for “Ikut Casting Rumah Produksi

  1. September 12, 2014 at 10:20 am

    Ass sy jg mau jd artis itu cita2 sy dr dulu tolong info.y kalau ada casting sinetron terbaru,,,sy tinggal makassa terima kasih

  2. widya
    Oktober 12, 2014 at 9:38 pm

    Lalu bagaimana caranya untuk mengikuti seleksi casting????dan formulirnya itu dari mana ??apakah sudah di persiapkan ??

    • Heni
      Desember 22, 2014 at 5:34 pm

      Gan, harus langsung ditanyakan pada rumah produksinya.

      Namun beberapa rumah produksi sering membuat iklan baik offline ataupun online ketika mereka mencari pemain. Ada baiknya dicoba cari dulu.

  3. atikah permata sari
    Desember 11, 2014 at 5:14 pm

    saya ingin mencari pekerjaan tapi tidak punya keahlian , saya anak 2 sma .

    • Heni
      Desember 22, 2014 at 4:39 pm

      Coba cek di Jobdb atau jobstreet. Atau mencari pekerjaan ke KFC, MCdonald, Carrefour atau yang lainnya. Jangan menyerah dalam mencoba.

  4. yuyun
    Januari 9, 2016 at 11:54 pm

    Ass..saya ingin ikut casting n mewujudkan impian saya menjadi artis. Dan orang tua saya bisa bangga melihat anaknya sukses d layar kaca.
    Saya juga pernah ikut teater waktu masih sekolah,,saya ingin mengeluarkan bakat saya.info ya kak.
    Terima kasih

  5. maria
    Januari 22, 2016 at 2:29 pm

    mau tanya,
    bagaimana cara untuk ikut casting atau pencarian bakat ya?
    sy dr ciamis,
    ingin lebih mengembangkan talenta ..
    seperti dance/music, bahkan dibidang akting juga ..
    mohon info nya, makasih ..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *