Ibu Hamil Vegetarian Bisa Tetap Sehat

Vegetarian adalah istilah khusus yang digunakan untuk mengambarkan orang yang tidak mengkonsumsi daging. Sekarang sudah banyak orang yang mulai menjadi vegetarian, bahkan beberapa ibu hamil masih tetap lanjut menggunakan pola makan vegetarian. Waduh – nanti bayinya gimana? Tentu saja ibu hamil harus mencari berbagai asupan sebagai penganti daging. Nah, sekarang sudah banyak toko perlengkapan ibu hamil yang menjual berbagai makanan sehat yang juga bisa dikonsumsi oleh seorang vegetarian.

Tipe Vegetarian

Sebelum membahas lebih jauh mengenai makan sehat yang bisa dijadikan pengganti daging, ada baiknya kita tahu dulu setiap tipe vegetarian yang ada agar memudahkan kita mengetahui apa aja yang bisa kita makan atau tidak. Berikut ini beberapa tipe vegetarian:

  • Pesca Vegetarian -> Tidak mengkonsumsi daging merah (sapi, kambing atau hewan sejenisnya) dan daging unggas namun masih mengkonsumsi susu, telur dan daging ikan selain makanan nabati.
  • Lacto Ovo Vegetarian -> Tidak mengkonsumsi daging namun mereka masih mengkonsumsi susu dan telur selain makanan nabati.
  • Lacto Vegetarian  -> Tidak mengkonsumsi daging dan telur. Mereka hanya mengkonsumsi makanan nabati dan susu.
  • Flexitarian -> Merupakan pasca vegetarian yang diberikan kelonggaran sehingga sesekali, penganut masih diperbolehkan mengkonsumsi daging baik itu daging merah, unggas dan ikan.
  • Raw Foodist -> Tidak mengkonsumsi makanan yang sudah dimasak. Mereka memilih memakan makanan mentah karena proses memasak dianggap mereka dapat merusak kandungan mineral dan vitamin pada makanan.
  • Vegan -> Tidak mengkonsumsi semua produk dari hewan baik itu telur, susu dan daging. Mereka hanya mengkonsumsi makanan nabati.
  • Frutarian -> Sama seperti vegan Cuma lebih ketat karena mereka hanya mengkonsumsi makanan dari kacang-kacangan, buah dan biji-bijian yang mengandung vitamin E. Vitamin E terbukti dapat membantu mempercantik kulit dan membuatnya lebih awet muda.

Dari tipe ini, tipe mana yang kita jalani? Dari sini kita bisa tahu apa saja yang boleh dimakan atau tidak. Untuk ibu hamil yang menganut sistem Flexitarian atau Pesca Vegetarian mungkin tidak perlu cemas karena sang ibu masih bisa mengkonsumsi daging – daging yang kaya akan protein. Untuk tipe lain, tentu tidak perlu khawatir karena masih banyak makanan lain yang bisa menjadi pengantinya.

Sumber Protein untuk Vegetarian

Untuk para ibu hamil yang vegetarian jangan khawatir selain sudah banyak makanan bergizi yang dapat ditemukan di toko –toko perlengkapan ibu hamil, sekarang sudah banyak makanan di pasar – pasar yang bisa dijadikan penganti sumber protein. Berikut ini beberapa penganti sumber protein yang baik untuk vegetarian:

ibu hamil vegetarianSuku kacang – kacangan

Kacang seperti kenari, almond, mete, kacang hijaudan kacang merah ternyata memiliki kandungan protein yang lumayan. Jadi tidak aneh bila suku kacang-kacangan dijadikan cemilan sehat untuk para ibu hamil.

Suku biji-bijian atau padi-padian

Biji-bijian atau padi-padian seperti beras, jagung dan gandum sangat baik untuk kesehatan. Untuk beras dan jagung tidak dianjurkan dikonsumsi dalam jumlah banyak karena kandungan gulanya yang tinggi dapat membuat kita mengalami penyakit diabetes dan penyakit lainnya. Sehingga kita fokus saja ke gandum yang memiliki kandungan protein yang tinggi dan baik untuk kesehatan kita. Kebanyakan olahan gandum telah dibuat menjadi tepung sehingga makanan olahannya seperti kue, mie atau biskuit. Selain olahan gandum, kita juga bisa mengkonsumsi gandum untuh yang telah dibuat menjadi sereal.

Suku polong – polongan

Suku polong-polongan terdiri dari kacang kedelai, kacang tanah, buncis, kacang panjang dan kapri. Dari suku ini, kacang kedelai menjadi pemeran utamanya. Kedelai kaya akan protein dan isoflavin yang membantu melindungi tubuh dari berbagai jenis kanker.

Sayur dan Buah

Sayur dan buah memang dikenal sebagai sumber makanan yang kaya akan serat, vitamin dan mineral. Sayur hijau memiliki protein yang tinggi dibandingkan warna sayuran lainnya.  Sayuran yang mengandung protein yang tinggi adalah wortel, tauge, bunga kol dan bayam.

Selain sayur, buah sangat dibutuhkan karena buah membantu penyerapan protein lebih baik. Buah yang disarankan adalah kiwi hijau dan pepaya. Tentu saja, buah lain juga harus dikonsumsi untuk mengcukupi kebutuhan vitamin dan mineral lain.

Siapa bilang ibu hamil yang vegetarian bakal kekurangan asupan gizi? Dari daftar makanan ini, asupan gizi dari daging digantikan oleh makanan nabati. Bila merasa susah mengelola makanan nabati, kita bisa mencoba mencair makanan vegetarian yang diciptakan khusus untuk ibu hamil di toko perlengkapan ibu hamil atau toko makanan.

Tapi jujur saja, toko perlengkapan ibu hamil di Indonesia masih sedikit yang menyediahkan produk makanan khusus untuk ibu hamil terutama untuk yang vegetarian. Tetapi tidak ada salahnya mencoba demi kesehatan tubuh ibu dan anak.

“Ibu hamil Vegetarian tetap bisa Sehat” –hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *