Hybrid Excavator Komatsu Lebih Ramah Lingkungan?

Komatsu merupakan perusahaan multinasional yang berbasis di Jepang. Yakin deh, banyak yang lebih mengenal merk Komatsu sebagai merk alat berat. Pemikiran kalian tidaklah salah karena memang perusahaan ini memproduksi alat berat dan spare part alat berat Komatsu yang bisa digunakan untuk kontruksi ataupun pertambangan. Selain itu, berbagai hasil produksi dari Komatsu dijamin kualitasnya. Misalnya seperti Komatsu Undercarriage Components yang merupakan pilihan terbaik untuk alat berat, karena berbagai kelebihan yang dimilikinya. Selama 90 tahun ini, Komatsu telah menjadi pemimpim dalam inovasi teknologi alat berat. Sebagai produsen alat berat terkemuka, pihak Komatsu paham bahwa komitmennya adalah untuk mengatasi masalah lingkungan global.

Hybrid Excavator KomatsuDengan berpengang dengan komitmennya, Komatsu merancang dan meluncurkan The Hybrid Hydraulic Excavator. Excavator hybrid ini bukanlah sembarangan excavator karena alat berat ini dirancang khusus untuk mengurangi dampak lingkungan tanpa mengorbankan kinerja.  Tidak berhenti di sana, Komatsu kembali meluncurkan Komatsu HB205-1 Hybrid Hydraulic Excavator sebagai generasi ke-2 excavator hybrid. Tentu generasi ke-2 excavator hybrid ini lebih bagus baik untuk spesifikasinya ataupun performanya. Kapan Komatsu melakukan peluncuran excavator hybrid yang pertama? Ini dilakukan 8 tahun lalu, tepatnya pada bulan Juni 2008.

Emang bagian mana dari excavator hybrid ini yang dapat mengurangi dampak pada lingkungan? Kan alat berat ini tetap pakai bahan bakar solar dan mengeluarkan emisi gas buangan yang sebenarnya tidak baik untuk lingkungan? Mesin hybrid yang digunakan dapat mengurangi penggunaan bahan bakar solar. Kinerja nanti turun? Jangan khawatir, kinerja tidak akan turun sama sekali walaupun konsumsi bahan bakar solarnya lebih dikit.

Kalau begitu generasi ke-2 excavator hybrid seharusnya lebih bagus? Kapan diluncurkan? Generasi ke-2 excavator hybrid memiliki nama HB205-1 Hybrid Hydraulic Excavator (seperti yang sudah dibahas di paragraph ke-2 di atas) diluncukan pada tahun 2011. Di Indonesia sendiri, acara peluncurannya diadakan di Four Seasons Hotel dan dihadiri oleh petinggi UT dan Komatsu. Tentu saja, beberapa pelanggan UT juga diundang.

HB205-1 Hybrid Hydraulic Excavator dilengkapi dengan electric motor yang membantu pergerakan upper structure, kapasitor dna mesin lainnya. Dengan ini, alat berat excavator ini dapat menyimpan daya ke dalam kapasitor yang kemudian dapat digunakan untuk menjalankan mesin saat mesin berakselerasi. Berdasarkan uji coba lapangan, alat berat excavator ini berhasil menghemat penggunaan bahan bakar hingga 25%.

Semoga kedepannya semakin banyak alat berat hybrid yang dikeluarkan dan lebih lama lingkungan. –hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *