Hindari Jajanan Pinggir Jalan dengan Ciri-ciri Seperti Berikut

jajananBisa diperhatikan, di sekitar kita terdapat banyak sekali pedagang makanan yang ada tersedia di pinggir jalan. Jajanan pinggir jalan ini merupakan solusi ketika kita sedang lapar dan tidak memiliki banyak waktu untuk pergi ke restoran. Namun hati-hati, salah memilih jajanan justru bisa menjadi penyebab asam lambung naik. Meskipun begitu, masih saja banyak orang yang sering jajan sembarangan karena harganya murah dan rasanya pun bisa dibilang enak. Nah, agar kamu tidak terkena efek samping dari jajanan yang tidak sehat, lebih baik hindari makanan dengan ciri-ciri berikut ini.

  • Diletakkan di Tempat Terbuka

Ada beberapa jajanan yang dijual di tempat terbuka tanpa penutup apapun. Padahal, debu dan udara yang ada di jalanan belum tentu bersih lho. Belum lagi jika ada lalat yang hinggap, bisa-bisa banyak bakteri yang menempel dalam makanan tersebut. Jajanan seperti inilah yang berpotensi menimbulkan sakit perut akibat bakteri jahat yang dapat menyerang sistem pencernaan.

  • Memiliki Warna Mencolok

Jajanan yang memiliki warna mencolok memang terlihat lezat dan menarik perhatian. Namun, ketahuilah kalau beberapa jajanan yang ada di pinggir jalan ternyata diberikan pewarna tekstil seperti rodhamin B dan methanol yellow. Mungkin pewarna ini digunakan untuk menghemat biaya pembuatan tapi tentu saja akan memberikan efek buruk pada kesehatan pembeli.

  • Rasanya Terlalu Tajam

Makanan dengan rasa hambar memang tidak enak tapi biasanya makanan dengan rasa yang terlalu tajam juga tidak baik. Kebanyakan jajanan di pinggir jalan menggunakan penyedap rasa berlebihan sehingga rasanya cenderung asin dan gurih. Mengguankan penyedap rasa yang berlebihan tentunya tidak dianjurkan karena dapat mengganggu kesehatan.

  • Dibungkus dengan Kurang Baik

Selain makanannya, kamu juga perlu memperhatikan bungkusnya. Meskipun makanan sudah dibuat dari bahan-bahan yang tidak berbahaya, jika bungkusnya tidak sehat tentu saja akan percuma. Hindarilah makanan yang dibungkus dengan kertas koran atau kertas bekas, sebab makanan bisa terkontaminasi pewarna yang berasal dari kertas tersebut.

Kemungkinan yang sering terjadi jika kamu mengonsumsi jajanan yang kurang sehat adalah diare, muntah, dan gangguan pencernaan. Oleh karena itu, sebaiknya hindari jajanan denga ciri-ciri di atas ya! (Rima)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *