Hal yang Mempengaruhi Cicilan Kredit Sepeda Motor Bekas

motorBanyak yang beranggapan kredit kendaraan bermotor khususnya untuk kredit motor bekas itu cicilannya akan lebih murah apabila dibandingkan dengan yang baru. Benarkah demikian? Jawabannya bisa iya dan bisa tidak. Karena terkadang cicilan sepeda motor bekas lebih besar apabila dibandingkan dengan yang baru. Mengapa demikian? Simak baik-baik simulasi berikut ini. Sebab, ini bisa dijadikan pertimbangan sebelum mengajukan kredit motor bekas.

Bagi Anda yang memiliki budget minim, memilih cara kredit merupakan langkah paling realistis yang bisa Anda ambil. Apalagi dalam hal ini adalah kredit sepeda motor bekas. Maka secara kasat mata biaya cicilannya akan lebih murah.

Akan tetapi terkadang malah sebaliknya. Biaya kredit sepeda motor bekas lebih tinggi dari kredit sepeda motor baru. Sehingga sebelum Anda melakuakan cara ini Anda harus memperhatiakan beberapa hal berikut ini.

Ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi besarnya cicilan kendaraan bermotor bekas apabila Anda tidak jeli dalam memperhatikan berbagai macam komponen yang nantinya akan Anda bayarkan.

Biaya Bunga

Membeli sepeda motor secara kredit baik bekas maupun baru pastilah ada bunganya. Maka dari itu besarnya cicilan sepeda motor second sangat dipengaruhi oleh besarnya bunga yang dipatok oleh pihak leasing.

Maka dari itu terkadang besarnya cicilan untuk motor bekas tersebut bisa lebih besar dari motor baru.

Biaya-Biaya Lain

Umumnya ketika Anda membeli sepeda motor bekas secara kredit, misalnya seperti biaya administrasi dan biaya fidusia akan dikenakan biaya tambahan.

Biaya adaministrasi ini umumnya digunakan pihak leasing dengan pihak ketiga. Sedangkan biaya fudisia merupakan biaya penjamin perjanjian antara Anda dengan pihak leasing.

Selain itu  umumnya juga ada biaya penalti dikarenakan Anda melakukan pelunasan kredit lebih awal.

Dalam hal ini pihak leasing tentu saja tidak mau rugi. Maka dari itu akan menerapkan biaya tambahan ketika Anda melakukan pelunasan sebelum waktu masa kredit berakhir.

Biaya Asuransi

Ketika Anda membeli sepeda motor bekas, umumnya ada biaya lain yang harus Anda bayarkan.

Meskipun sepeda motor tersebut merupakan sepeda motor bekas akan tetapi dikarenakan tergolong sebagai sepeda motor kredit maka umumnya dijaminkan ke pihak asuransi.

Hal ini snagatlah penting karena tidak ada yang tahu masa depan. Apabila ditengah jalan ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi maka bisa diganti dengan uang dari pihak asuransi itu sendiri.

Itulah beberapa hal yang dapat mempengaruhi besarnya biaya cicilan sepeda motor bekas yang wajib untuk Anda ketahui sebelum Anda melakukan kredit sepeda motor bekas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *