Gunung Doom Lord of the Ring Akan Erupsi?

Bagi fans the Lord of the Ring pasti pada tahu “Gunung Doom”. Anda tentu pada tahu bahwa tersedia paket tour ke lokasi asli adengan Gunung Doom. Gunung yang digunakan untuk adengan Mordor, Emyn Muil dan Gunung Doom adalah 3 gunung api aktif yang berada di Tongariro National Park, Selandia Baru. Nama dari 3 gunung ini adalah Ruapehu,  Tongariro dan Ngauruhoe. Dari ke-3 gunung itu, gunung Ruapehu merupakan gunung api yang terbesar. Gunung terbesar inilah yang menjadi salah satu lokasi syuting the Lord of the Ring dan termasuk tempat yang harus didatangi oleh para fans karena pemandangannya yang super indah dan menawan.

gunung doomNamun niat menggunjungi gunung Ruapehu untuk saat ini harus di pause dulu. Pengumuman baru mengenai paket tour the Lord of the Ring adalah turis tidak diperbolehkan mendekati puncak gunung ini hingga ada pemberitahun lebih lanjut. Pengumuman dikeluarkan setelah melihat aktifitas gunung berapi Ruapehu yang diduga akan segera erupsi (mengeluarkan magma). Pegumunan ini dikeluarkan oleh Departemen Konservasi (Departement of Conservation –DOC) yang merupakan situs informasi Selandia Baru.

Para ilmuwan yang terus menerus memantau aktifitas gunung ini menemukan bahwa adanya peningkatan resiko erupsi setelah melihat perubahan temperatur gunung Ruapehu yang naik  secara drastis. Menurut perkiraan para ahli, perubahan temperature ini kemungkinan terjadi karena adanya saluran udara yang terblokir. Hal ini diperkirakan akan berlangsung selama beberapa pekan hingga beberapa bulan. Selama itu, para ilmuwan akan terus berjaga-jaga agar tidak ada korban jiwa bila tiba-tiba gunung Ruapehu erupsi.

Menurut berita yang beredar, gunung Ruapehu pernah sekali meletus pada tahun 2007 dimana 2 pekerja tempat ski mengalami luka ringan dan 2 lainnya terkena debu letusan. Karena cepat dievakuasi jadinya tidak ada korban jiwa. Erupsi juga pernah terjadi pada tahun 1969, 1975, 1988 dan 2006.

Semoga temperatur gunung ini cepat kembali normal sehingga para turis bisa kembali menikmati paket tour Gunung Doom yang akan memberikan Anda pengalaman yang tidak terlupakan karena gunung ini memiliki tempat ski yang sangat terkenal dengan keindahannya. Hingga artikel “Gunung Doom Lord of the Ring Akan Erupsi” ini diterbitkan, belum ada berita terbaru lagi mengenai masalah ini. Tapi jangan berkecil hati karena Selandia Baru tetap bisa menawarkan Anda berbagai lokasi syuting the Lord of the Ring yang lain. Jangan lupa membaca tips berlibur ke Selandia Baru -hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *