Gimana Cara Agar Pintu Geser Mobil Awet?

Beberapa mobil MPV sudah dilengkapi dengan pintu geser. Penggunaan pintu geser pada mobil memang sangat praktis terutama jika tempat parkirnya sempit. Walaupun begitu, pintu geser memiliki potensial cepat rusak yang lebih tinggi dibadingkan pintu mobil biasa jika tidak dirawat dengan baik. Berarti perawatan pintu geser mobil susah,dong? Tidak kok, malahan perawatannya sangat sederhana dan mudah. Gak percaya? Coba cek caranya di bawah ini

Penyebab Umur Pintu Geser Mobil Pendek

Sebelum kita mempelajari cara merawat pintu geser mobil, ada baiknya kita mengetahui apa saja penyebab yang bisa mempercepat kerusakan pintu geser ini. Berikut ini beberapa penyebabnya:

  • Rel pintu jarang atau tidak pernah dibersihkan sehingga debu atau kotoran menumpuk. Debu dan kotoran yang menumpuk dapat mengurangi kinerja pintu. Lama kelamaan, umur pintu pun semakin pendek.
  • Jarang atau tidak pernah memberikan pelumas secara rutin.
  • Genangan di rel, dibiarkan mengering sendiri. Hal ini akan mempercepat rel aus. Rel aus berarti kinerja pintu menurun.
  • Membuka dan menutup pintu dengan tenaga yang terlalu kuat.

Cara Merawat Pintu Geser Mobil

Merawat Rel Pintu Geser Mobil

Kebanyakan masalah pintu geser macet dikarenkan rel pintu. Jadi hal pertama yang harus diperhatikan terlebih dahulu dalam perawatan pintu ini adalah rel. Gimana cara merawat rel. Sebelumnya kita perlu tahu bahwa rel pada pintu geser terbagi menjadi 2:

  • mobil pintu geserRel bagian atas pada umumnya dibuat dari bahan plastik. Fungsi dari rel atas adalah menjaga pintu tetap pada jalurnya.
  • Rel bagian bawah terbuat dari besi. Rel bawah berfungsi sebagai jalur jalan pintu.

Walaupun bahan yang digunakan untuk ke – 2 rel berbeda, perawatannya sama karena ke-2 butuh pelumas agar terus awet. Namun pelumas yang digunakan untul rel atas dan bawah berbeda. Berikut jenis pelumas yang bisa digunakan untuk rel pintu geser:

  • Rel atas: cairan silikon
  • Rel bawah: pelumas grease atau low temperature

Lakukan Kegiatan Bersih-Bersih secara Berkala

Seperti yang sudah dibahas di atas, debu dan kotoran yang menumpuk di dalam mobil terutama di jalur rel pintu, dapat mengganggu kinerja pintu. Jadi tidak ada salahnya membersihkan interior mobil terutama rel pintu secara berkala. Untuk bagian sudah yang susah dibersihkan dengan sapu atau kain, gunakan sikat gigi.

Dalam proses bersih-bersih ini, ada beberapa larangan yang perlu dipatuhi seperti:

  • Tidak boleh menggunakan sikat besi atau peralatan tajam lainnya
  • Hindari menggunakan sabun atau deterjen terutama yang keras
  • Kain lap tidak boleh terlalu basah. Peras kering terlebih dahulu, sebelum digunakan untuk mengelap

Jangan Memaksa dan Jangan Pakai Tenaga Dong

Pintu geser mobil memiliki sistem yang berbeda dengan pintu mobil biasa. Pada umumnya, kita hanya perlu menekan tombol / handle agar pintu terbuka. Kadang kala, kita hanya perlu menarik pintunya dengan sedikit tenaga (hanya sedikit). Jadi jangan menggunakan tenaga yang terlalu berlebihan. Karena ketika kita memaksa pintu terbuka dan tertutup cepat dengan tenaga, malahan kita memperpendek umur pintu geser tersebut.

Jadi sudah tahukan apa yang harus dilakukan? –hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *