Gaya Hidup Sehat Pasien Tumor Otak

Sudah banyak pasien kanker dan tumor yang berhasil menang dari penyakit ini. Cara mengatasinya adalah berobat dan memiliki gaya hidup yang sehat. Dari 2 hal ini, memiliki gaya hidup yang sehat merupakan suatu hal yang mungkin susah dilakukan. Namun jika kita ingin sembuh, kita harus melakukannya terutama untuk pasien tumor otak.

Gaya Hidup Untuk Pasien Tumor Otak

Gaya hidup sehat seperti apa yang harus dimilliki oleh para pasien tumor otak?

Jangan Tidur Terlalu Malam

Tubuh sedang bertarung dengan penyakit tumor dan mereka membutuhkan semua energi yang dibutuhkan jadi istirahatlah yang cukup agar tubuh bisa mendapatkan energinya lagi. Disarankan sudah tidur pada jam 10, kenapa? Karena mulai jam 10 malam – jam 5 pagi, tubuh memiliki tugas penting untuk membuang racun dari berbagai organ tubuh. Biarkan tubuh melakukan tugasnya sehingga racun dalam tubuh berkurang dan tidak menghambat tubuh dalam bertarung dengan penyakit tumor.

Hindari / Kurangi Konsumsi Gula

gaya hidup pasien tumor otakKurangi konsumsi gula, kalau bisa hindari sama sekali gula tebu, gula jagung gula buatan dan pemanis buatan, kenapa? Beberapa penelitian dan artikel online menyatakan bahwa gula berhubungan dengan perkembangan tumor dan kanker. Mereka menyebut gula sebagai makanan kanker.

Hindari juga mengkonsumsi minuman kemanasan karena mereka mengandung gula yang sangat banyak. Memang tubuh memerlukan gula untuk pembuatan energi namun kita bisa membatasi mengkonsumsi gula pasir, minuman kemasan dan pemanis buatan dengan mengkonsumsi gula alami dari buah dengan takaran yang wajar. Sehari konsumsi 1-2 buah untuk amannya.

Hindari Hal yang Akan Merusak Tubuh

Hindari rokok dan minuman beralkohol karena hal-hal tersebut bisa merusak tubuh. Ingat, tubuh kita sekarang sedang berjuang. Seharusnya kita membantunya berjuang bukan membuat masalah baru untuknya.

Hindari Bumbu Kemasan

Hindari menggunakan bumbu kemasan jadi dan micin dalam masakan. Mungkin rasa masakan menjadi kurang enak, namun kita bisa menyiasatinya dengan menggunakan bumbu masakan sehat seperti jahe, daun salam, kunyit, bawang, jeruk nipis, perasan air lemon dan bumbu alami lainnya.

Untuk memastikan makanan yang kita konsumsi menggunakan bahan dan bumbu alami, kita bisa memasaknya sendiri. Untuk yang bekerja, kita bisa membuat bekal.

Perbanyak Konsumsi Makanan Berserat

Ganti nasi putih dengan nasi merah yang lebih berserat. Selain mengganti nasi putih, kita juga bisa menambahkan sayuran hijau lebih banyak dalam menu makanan kita. Untuk cemilan, kita bisa mengkonsumsi tomat yang segar dan sehat. Banyak yang bilang vitamin C membantu memerangi penyakit tumor. Sangat disarankan mengkonsumsi vitamin C langsung dari buah.

Konsumsi Daging dalam Jumlah Tertentu

Jangan terlalu banyak mengkonsumsi daging terutama daging merah. Untuk ayam: konsumsi bagian dada tanpa kulit dengan ukuran tidak lebih dari kepalan tangan kita. Untuk ikan disarankan hanya mengkonsumsi ikan kukus dan tumis.

Perbanyak Konsumsi Air Putih dan Jus Segar

Jangan sembarang mengkonsumsi minuman, cukup konsumsi air putih secara rutin dan kadang-kadang jus buah atau sayur tanpa gula dan susu. Jika merasa jus sayurnya pahit, jangan menambahkan gula tapi tambahkan madu. Madu adalah pemanis alami yang lebih sehat dibandingkan dengan gula.

Semoga artikel gaya hidup sehat bagi pasien tumor otak ini membantu. Ingat, kita adalah apa yang kita makan. Makan makanan sehat maka kita akan sehat. –hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *