Gaya Hidup Penderita Tumor dan Kanker Otak

Otak merupakan salah satu organ tubuh yang tidak bisa digantikan. Penyakit yang paling banyak menyerang otak adalah gangguan syaraf serta brain tumor and cancer (kanker dan tumor otak). Penyakit yang paling menakutkan adalah kanker dan tumor. Mana tidak, membayangkan ada monster yang bersarang di otak dan sedikit demi sedikit memakan setiap sel sehat otak. Membayangkan saja sudah mengerikan.

Sel kanker adalah sel rusak. Namun jangan khawatir tubuh kita dilengkapi dengan sistem mendeteksi sel kanker dan menjaga sel sehat lainnya. Sistem pertahan ini mampu meminimalis infeksi kanker lebih jauh. Masalahnya adalah dengan gaya hidup yang salah, kita secara tidak segaja telah membantu perkembangan sel kanker lebih cepat dan membuat sistem pertahanan tidak bekerja dengan baik. Gimana gaya hidup yang sehat untuk penderita kanker dan tumor otak?

Gaya Hidup Sehat bagi Penderita Brain Tumor and Cancer

Hal yang harus dihindari

Berikut ini hal-hal yang harus dihindari oleh penderita kanker dan tumor otak dilansir dari Daily Mail Online dan Kompas:

  • brain tumor and cancerTubuh membutuhkan energi lebih untuk menghancurkan sel kanker yang jahat. Untuk itu, diharapkan para pasien tidak memperkerjakan tubuh mereka terlalu berlebihan hingga capek dan letih. Lakukan semua aktifitas dengan terus mengawasi tubuh sendiri, ingat tubuh membutuhkan waktu istirahat agar dia bisa melawan sel kanker. Bekerja secukupnya dan istirahat secukupnya.
  • Puding, kue dan permen memang pilihan cemilan manis yang telah menjadi favorit selama ini. Namun tahukah bahwa gula merupakan makanan sel kanker? Semakin banyak yang dimakan semakin cepat sel kanker berkembang.Menurut Otoo Heinricj Warburg selaku ahli Biologi dari Jerman menemukan bahwa metabolism sel kanker tergantung dari konsumsi glukosa /gula. Untuk penemuannya ini, dia dianugrahi Hadiah Nobel. Saatnya mengurangi kosumsi gula, jangan sampai kita memelihara sel kanker dalam tubuh kita.
  • Olahraga kurang dari 20 menit? Lebih baik berolahraga dan mengerakkan tubuh sesering mungkin. Tubuh yang kurang bergerak dan berolahraga memiliki sistem pertahan yang kurang kuat. Berolahragalah secara teratur setiap hari kurang lebih selama 20 menit. Olahraganya tentu tidak perlu sampai angkat beban, pilih saja olahraga yang disukai seperti bersepeda, jogging, berenang, aerobik atau kegiatalan lain seperti membersihkan rumah, berkebun dan lainnya. Ayo gerakkan tubuhmu.
  • Asap rokok dan polusi udara ternyata menjadi salah satu pemicu menurunnya sistem kekebalan tubuh. Hindari dua hal ini. Untuk para perokok, berhentilah. Sedangkan yang tidak merokok, disarankan menggunakan masker selama berpergian terutama ketika melewati daerah yang penuh asap roko dan polusi udara. Setidaknya kita sudah meminimalis sedikit polusi dan asap yang masuk. Mencegah lebih gampang daripada mengobati.

Makanan untuk Para Penderita Brain Tumor and Cancer

Berikut ini beberapa makanan yang baik untuk tubuh para penderita kanker dan tumor otak:

  • Saatnya menganti minyak masak dengan olive oil (minyak zaitun) yang lebih sehat.
  • Teh hijau (green teh) mengaktifkan dan meningkatkan mekanisme hati untuk menghilangkan racun dari sel kanker dengan cepat dan memjaga kesehatan organ tubuh lain.
  • Kunyit merupakan salah satu bumbu masak yang dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker. Agar bisa dicerna oleh tubuh dengan baik, campur kunyit dan lada hitam.
  • Keluarga bawang seperti bawang putih, bawang merah dan daun bawang dapat membantu mengatur kadar gula darah. Dengan adanya pengaturan kadar gula berarti kita bisa memotong asupan gula sebagai makanan sel kanker.
  • Jamur sepertu shiitake, crimini, portabello (jamur butang) dan jamur tiram berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar mampu menjalan kemoterapi.
  • Sayuran sepertu kubis, brokolu, kembang kol dan kecambah mengadung molekul anti-kanker yang kuat. Disarankan sayur-sayur ini hanya ditumis sebentar dengan sedikit minyak zaitun.
  • Wortel, bit, ubi jalar, ubi manis, labu, tomat, apricot dan semua buah serta sayuran yang mengandung vitamin A dan likopen dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.
  • Bumbu herbal seperti rosemary, thyme, oregani, basil dan mint dapat menghambat penyebaran sel kanker. Bumbu ini bisa dicampurkan ke dalam masakan.

Perasaan Penderita

Penderita brain tumor and cancer tidak boleh merasa tertekan dan stress. Sangat disarankan keluarga dan orang sekitar memberikan support dan menyemangatinya. Untuk penderita sendiri jangan sampai kehilangan semangat berjuang dalam menghadapi kanker. Sedikit aja semangat kendor, tubuh akan semakin melemah dan sel kanker semakin jaya.

Semoga artikel gaya hidup penderita brain tumor and cancer bisa membantu. Ayo semangat!!-hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *