Fungsi-Fungsi Penting dari Oli Motor

Oli merupakan salah satu bagian penting yang mendukung kinerja mesin motor, karenanya bagi para matickers, jangan sampe pengguna motor matic salah pilih oli motor matic, sehingga bisa menghindari mesin motor matickers disuplai oleh oli oplosan. Oli spesial asli yang khusus dibuat untuk motor matic tentu lebih bisa menjaga keawetan mesin dari pada  oli oplosan.

Hati-hati dalam memilih oli motor matic yang akan digunakan karena belum tentu 1 oli motor matic cocok untuk semua jenis motor matic. Lantas bagaimana cara memilih oli mesin motor matic sesuai dengan karakteristik mesin dan juga disesuaikan dengan keinginan para pengguna ? Jika kita perhatikan, pada setiap botol oli selalu tercantum kode-kode seperti SAE 10w-40, SAE 15W-50 dan masih banyak lagi. Nah sebenarnya, apa sih arti kode-kode tersebut?

federal oil

Sebelum bisa memahami akan kode-kode tersebut, mari kita lebih dulu pahami akan fungsi oli secara keseluruhan untuk mendukung kinerja mesin motor

  1. Yang pasti mengurangi gesekan komponen mesin motor satu dengan yang lain. Gesekan yang terjadi dapat menyebabkan komponen mesin menjadi cepat aus, mengurangi tenaga yang dihasilkan, menghasilkan kotoran dan panas. Supaya gesekan dapat dikurangi maka bagian saling bergesekan dilapisi oli pelumas.
  2. Salah satunya sebagai pendingin dari panas yang dihasilkan proses pembakaran di dalam silinder dan panas yang dihasilkan dari gesekan antar komponen.
  3. Penutup celah antara piston dengan silinder. Pelumas dapat mengurangi kebocoran kompresi maupun tekanan hasil pembakaran dengan membuat lapisan oli yang mengisi celah antara piston dan silinder.
  4. Peredam getaran dan suara bising hasil benturan piston, batang piston dan poros engkol. Pelumas untuk melapisi antara bagian tersebut dan meredam benturan yang terjadi sehingga suara mesin lebih halus.
  5. Juga sebagai pembersih kotoran hasil gesekan antar komponen mesin. Pelumas membantu membawa kotora n tersebut sehingga bagian yang bergesekan tetap bersih.
  6. Pelindung karat, pelumas melapisi bagian logam sehingga menghindari kontak langsung dengan udara atau air.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *