Fitur Disavow Dapat Menghapus Link Spam

Fitur Disavow diyakini bisa membantu para pemilik situs serta blogger dalam menghapus link spam. Fitur pintar ini merupakan keluaran baru dari Google. Fitur ini sebenarnya disarankan tidak digunakan karena sekali link backlink dihapus oleh Google agar tidak menglink lagi ke situs Anda, Anda akan sangat susah mendapatkannya kembali. Jadi pikir berkali-kali sebelum melakukannya dan jangan melakukannya secara terburu-buru.

Backlink yang berpotensi menjadi link spam menurut  Google adalah paid link dan link exchange. Bila ada backlink yang mengancam keselamatan situs atau blog Anda, Google dengan senang hati mengirimkan surat peringatan melalui Google Webmaster (jadi harus punya Google Webmaster untuk situs dan blog Anda). Dalam surat tersebut Google akan memberitahukan Anda tentang backlink-backlink yang perlu Anda hapus secepat mungkin. Nah disaat inilah fitur Disavow disarankan karena sudah ada kepastian dari Google mengenai backlink yang berkualitas rendah atau spam. Daripada sembarangan ngapus, mending nunggu info dari Google.

Cara Menggunakan Fitur Terbaru Ini

Caranya ternyata cukup gampang karena Anda hanya perlu:

  • Memiliki gmail merupakan syarat mutlak karena ini adalah fitur yang dibuat oleh Google
  • Log in ke gmail atau akun Google Anda
  • Buka situs yang telah dibuat Google untuk fitur Disavow
  • Pilih situs atau blog yang backlinknya ingin Anda hapus
  • Karena Anda sudah masuk ke akun Google, semua blog atau situs yang ada di akun Google Webmaster akan ditampilkan
  • Setelah memilih situs atau blog yang diingikan, Anda tinggal membuat sebuah file teks yang berisikan url backlink yang ingin dihapus
  • Upload file teks agar Google bisa memprosesnya

Dalam penguplodan data, perlu diingat bahwa Google hanya menerima file hingga 2 MB jadi jangan lebih. Google sekarang ini hanya menerima satu file per situs / blog. Bila ingin memperbaru data, Anda perlu mendowload, mengedit dan menguploadnya kembali di situs fitur Disavow. Perlu diingat bahwa Google membutuhkan waktu untuk melakukan tidakan karena Google akan memeriksa dan mengindex lagi link yang Anda berikan terlebih dahulu jadi bisa makan waktu cukup lama.

Membuat Data Link Bagi Fitur Disavow

Gimana cara membuat file teks-nya? caranya gampang. Berikut adalah contoh file teks yang bisa digunakan

file teks disavow

Penjelasan untuk contoh di atas:

  • # (tanda pagar atau hastags) akan dianggap sebagai komentar sehingga Google akan mengabaikannya.
  • Kata 2 adalah “domain”. “Domain” disini memiliki arti bahwa Anda tidak ingin backlink dari situs tersebut, dalam contoh ini domain yang ditolak backlinknya adalah spamdomain1.com.
  • 3 link (contentA, contentB dan contentC) merupakan backlink yang ingin dihapus. Backlink -backlink tersebut disusun secara menurun dengan satu link satu baris agar mudah dibaca oleh sistem Google.

Nah menggunakan Fityr Disavow gampang bukan?. Semoga informasi ini membantu Anda. Data didapat dari Google Webmaster dan diinpertasikan oleh -hm- ke Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *