Fakta yang Harus Diketahui Mengenai TV LED

TV LED merupakan tv layar datar dengan teknologi dioda. Jenis TV ini telah menjadi pilihan keluarga dibandingkan TV jenis tabung. Nah, bagi para pemiliki TV LED, berikut beberapa fakta yang perlu diketahui:

TV LED bukan Jenis TV Baru

Kaget setelah membacanya? Jangan kaget. TV LED sebenarnya adalah sebuah TV LCD yang sistem pencahayannya diganti dengan sistem cahaya emitting diode (LED). Sebenarnya TV LCD dengan sistem LED sudah dijual sejak tahun 2007 cuma waktu itu belum banyak orang aware.

Ada 2 Konfigurasi Backlight LED

tv ledUntuk membuat TV lebih tipis lagi, para insinyur perlu menghilangkan lapisan tambahan LED dan memindahkannya ke sisi layar. Dengan bentuk backlighting, LED ditempelkan di keempat sisi TV dan cahayanya diproyeksikan ke tengah melalui “lightguide” yang sudah dipasang. Sistem ini merupakan sistem biasanya digunakan untuk LED “edge-lit”.

Menggunakan LED Ternyata Lebih Hemat

Dibandingkan jenis TV lain seperti LCD, ternyata LED lebih hemat energi. Hemat energi berarti energi listrik yang digunakan lebih sedikit dibadingkan TV lainnya. Memang ukuran layar dan kecerahan gambar dapat mempengaruhi asupan listrik namun dengan ukuran layar terbesar pun LED tetap lebih hemat.

Backlighting Tidak Seragam

LED Backlighting-edge-lit merupakan cara yang dipilih produsen untuk membuat TV lebih tipis. Memang TV menjadi tipis namun disini ada sisi negatif yaitu backlighting –nya tidak seragam. Saat gambar di tv berwarna putih, kita bisa melihat bahwa tepi layar tampak lebih terang atau bercahaya bila memperhatikan dengan seksama. Sedangkan ketika gambar hitam, tepi layar akan tampak lebih kelabu.

Tidak Cocok Menonton dari Samping

Walaupun backlighting LED sangat bagus namun ternyata hal ini tidak menghilangkan kekurangan pendahulunya, LCD. Kekurangan dari LED dan LCD adalah ketika kita duduk di samping atau TV diposisikan lebih tinggi atau rendah dari tingkat mata kita maka kecerahan gambar akan terlihat menurun.

Sampai disini dulu fakta-fakta TV LED. Jika ada fakta lain mengenai TV LED, bisa di share di komentar agar yang lain juga tahu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *