Fakta Sebuah Powerbank

Powerbank merupakan alat penyimpanan energi. Alat ini berbentuk kecil sehingga mudah dibawa kemana saja. Fungsi alat ini sama seperti namanya yaitu sebagai alat untuk memberikan energi yang tersimpan di dalamnya ke gadget yang sudah habis energi. Cara memberikan energi ini dengan menggunakan kabel penghubung.

powerbankNamun perlu diingat bahwa alat ini hanya sebuah tempat penyimpanan energi sementara sehingga ketika energi yang tersimpan di dalamnya habis, kita perlu mengisi alat ini lagi dengan energi baru. Cara mengisi energinya kembali, lumayan gampang karena kita hanya perlu mencolokan kabelnya ke sumber energi. Dengan adanya alat ini, tentu kita tidak perlu takut gadget akan mati ketika kita ada di daerah yang tidak memiliki colokan.

Powerbank untuk saat ini sudah tersedia dalam berbagai merek. Bentuknya pada umunya segi panjang, tabung atau segi empat. Jenis alat ini dibedakan berdasarkan kapasitas penyimpanannya. Kapasitas penyimpanan energinya di mulai dari 3000 mAh – 11000 mAh.

Beberapa Fakta Powerbank

Tertarik untuk membeli sebuah powerbank? Berikut ini beberapa fakta sebuah powerbank yang perlu kita ketahui lebih dulu:

  • Alat penyimpan energi ini banyak yang dibuat atau berasal dari negara cina.
  • Alat penyimpanan energi terbuat dari minimal 2 baterai yang memang bisa diisi ulang. Dan tentu selain baterai ada juga kabel da nada yang lainnya untuk membuatnya bisa bekerja sebagai alat penyimpan energi untuk gadget.
  • Berapa lama waktu yang diperlukan untuk mengisi sebuah alat penyimpanan energi? Lamanya pengisian disesuaikan dengan kapasitas energi yang bisa ditampung. Semakin besar kapasitasnya semakin lama waktu yang diperlukan untuk pengisian ulang. Selain kapasitasnya, hal lain yang mempengaruhi periode pengisian adalah lingkungan, suhu dan berapa besar aliran energi dari sumber.
  • Kepanjangan mAh adalah milli Ampere hour. Pengukuran yang digunakan untuk mengukur energi listrik.
  • Perlu diingat bahwa kemampuan baterai pada gadget dan alat penyimpanan energi akan semakin menurun seiring berjalannya waktu dan pemakaian. Jadi tidak heran bila makin lama, baterai pada gadget dan alat penyimpanan energi membutuhkan waktu lama untuk pengisian serta penyaluran energi.
  • Disarankan membeli powerbank bermerek, kenapa? Karena biasanya yang bermerek akan benar-benar mencantumkan kapasitas asli sebuah peralatan penyimpanan energi. Sedangkan merek yang kw atau generik tidak menuliskan kapasitas asli, yang tertulis hanyalah sebuah ‘tanda’ kapasitas.
  • Apakah alat penyimpanan energi bermerek tidak akan meledak? Semua barang yang menggunakan baterai baik bermerek ataupun tidak tetap memiliki kemungkinan meledak. Cuma memang presentasi meledaknya memang lebih dikit alias sudah mendekati 0%. Jadi jangan khawatir dalam menggunakan powerbank namun tetap jangan sampai over pakainya,

Semogar artikel informasi fakta powerbank ini membantu. –hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *